Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Sukun Samping
Sukun Samping

Uji Coba Lancar, Disdikbud Karanganyar Izin Gelar PTM untuk SD dan SMP

Ilustrasi: SMPN 2 Jepara saat mengikuti uji coba pembelajaran tatap muka. (MURIANEWS/Faqih Mansur Hidayat)

MURIANEWS, Karanganyar— Hasil uji coba Pembelajaran Tatap Muka (PTM) di Karanganyar selama dua pekan terakhir diklaim menunjukkan hasil baik. Hal itu membuat Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) setempat memohon kepada Bupati Karanganyar, Juliyatmono untuk mengizinkan SD dan SMP melaksanakan PTM.

Sekretaris Disdikbud Karanganyar, Nurini Retno Hartati mengatakan setelah dua pekan menjalani uji coba, sekolah yang berpartisipasi sudah menjalankan metode PTM sesuai aturan.

Dengan demikian, Disdikbud ingin memperluas jangkauan PTM secara menyeluruh. Namun, rencana tersebut harus menunggu keputusan Bupati Karanganyar, Juliyatmono.

“Untuk rencananya ingin dilanjutkan. Karena evaluasinya sudah sesuai harapan. Memang ada kendala kecil saja yang tidak terlalu berpengaruh. Untuk saat ini surat usulan sudah kami sampaikan tapi memang untuk keputusannya masih menunggu,” jelas dia seperti dikutip Solopos.com, Jumat (16/4/2021).

“Karena ini kan mau ujian, kami berharapnya sampai menjelang ujian itu bisa tatap muka. Tapi nanti tetap ada konsekuensinya. Kalau ada sekolah yang melanggar dan terjadi kasus akan langsung ditutup,” imbuh Nurini.

Terkait kendala, dalam proses pengajuan tersebut terdapat kendala vaksinasi untuk guru yang belum mendapatkan solusi. Berdasarkan hasil koordinasi dengan Dinas Kesehatan Karanganyar, jumlah vaksin yang tersedia sudah menipis dan diperuntukan untuk kelompok lansia.

“Padahal kan kalau untuk menyelenggarakan PTM, guru harus divaksin dulu. Nah ini kan kami koordinasi juga belum ada untuk guru. Makanya ini harus dicari solusi dulu kalau mau melaksanakan PTM untuk semua sekolah,” beber dia.

 

Penulis: Supriyadi
Editor: Supriyadi
Sumber: Solopos.com

Comments
Loading...