Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Sukun Samping
Sukun Samping

54 SMP di Jepara Pilih Ujian Sekolah Tatap Muka

Salah satu siswa SMP di Jepara mencuci tangan sebelum memasuki kelas. (MURIANEWS/Faqih Mansur Hidayat)

MURIANEWS, Jepara – Senin (18/4/2021), SMP di seluruh Kabupaten Jepara akan menggelar ujian sekolah bagi kelas IX. Sebagian besar sekolah memilih untuk menjalankan ujian secara langsung atau tatap muka.

Darono, Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMP Kabupaten Jepara menyatakan, sejauh ini SMP yang mengonfirmasi pilihan sistem ujian sekolah tatap muka sebanyak 54 sekolah. Sedangkan, yang memilih tetap menjalankan sistem dalam jaringan (daring) sebanyak 39 sekolah.

“Sekolah-sekolah yang memilih daring, nanti ada yang wali muridnya mengambil soal ke sekolahan. Ada yang langsung pakai aplikasi,” ujar Darono yang merupakan Kepala SMPN 6 Jepara ini, Sabtu (17/4/2021).

Seperti di SMPN 6, kata Darono, seluruh wali murid sepakat untuk ujian sekolah daring. Nantinya, setiap pagi wali murid mengambil soal untuk dikerjakan anaknya di rumah masing-masing.

Pihaknya menyebut, ujian sekolah ini akan berlangsung sampai 1 Mei 2021 mendatang. Setiap harinya, siswa hanya mendapatkan jadwal menggarap satu soal mata pelajaran.

“Siswa saya di SMPN 6 Jepara ada 216 orang. Sehari mengerjakan satu soal saja,” kata Darono.

Sementara itu, Kepala Disdikpora Kabupaten Jepara Agus Tri Harjono menuturkan, pilihan antara tatap muka atau daring merupakan sepenuhnya hak wali murid. Hal itu disesuaikan dengan kondisi yang ada.

Oleh karena itu, pihaknya tidak mempersoalkan banyak sedikitnya sekolah yang menggelar ujian sekolah tatap muka.

“Lagi-lagi kami kembalikan ke masing-masing wali murid. Kalau memang khawatir dengan kondisi pandemi saat ini, mereka berhak memilih daring,” tegas Agus.

 

Reporter: Faqih Mansur Hidayat
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...