Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Sukun Samping
Sukun Samping

Sering Kirim Bantuan ke Lokasi Bencana, Ganjar Pastikan Stok Logistik di Jateng Tetap Aman

Gubernur Ganjar Pranowo melepas truk pengangkut bantuan logistik untuk korban gempa di Jawa Timur. (MURIANEWS/Istimewa)

MURIANEWS, Semarang – Setelah mengirimkan bantuan kemanusiaan untuk korban bencana di Nusa Tenggara Timur (NTT) pada Selasa (13/4/2021), Gubernur Jateng Ganjar Pranowo kembali menerjukan relawan dan bantuan logistik untuk penanganan bencana gempa bumi di Jawa Timur, Jumat (16/4/2021).

Relawan yang dikirimkan sebanyak 10 orang berasal dari BPBD, Tagana, dan PMI. Sementara banatuan logistik yang dikirimkan sebesar Rp 594,3 juta.

Bantuan yang dikirimkan diantaranya popok, selimut, mie instan. Tidak hanya itu, Ganjar juga mengirimkan berbagai jenis sayuran segar seperti wortel, labu untuk membantu pengungsi Jatim.

“Hari ini yang saya suka, ini bantuannya unik ini. Tidak hanya popok, selimut atau mi instan, tapi hari ini yang kami kirim sayuran segar dari Boyolali. Seingga harapannya pengungsi kita makannya seger-seger. Tadi ada juga telur asin dan bawang merah dari Brebes. Artinya, ini wujud bahwa kami punya ini, dan kami berikan pada saudara-saudara kita di sana,” kata Ganjar.

Meskipun Provinsi Jateng sering mengirimkan bantuan penanganan bencana ke luar daerah, akan tetapi stok logistik bantuan bencana di Jawa Tengah dipastikan aman.

“Ini kan bantuannya tidak mengambil dari stok-stok yang kita siapkan untuk kebencanaan (di Jateng). Jadi kalau nanti ada bencana, kita masih siap,” kata Ganjar.

Ia menegaskan, stok logistik kebencanaan tidak terpengaruh dengan pengiriman bantuan ke daerah lain mengingat semua dimanajemen dengan baik. “Stok semua aman, sudah dimanajemen semua. Intinya kita siap,” tegasnya.

Ganjar menerangkan, pengiriman bantuan kepada daerah lain yang terkena bencana murni demi kemanusiaan. Ia juga mengatakan pernah mendapat pertolongan saat Jateng terkena bencana.

“Dulu saat awal-awal saya jadi gubernur, kita pernah terjadi bencana banjir bandang. Saya dikirimi beras dari Sulawesi Selatan lho, dari Surabaya juga kirim bantuan. Itu yang menggugah rasa persaudaraan kita untuk saling membantu,” pungkasnya.

Baca: Malang Diguncang Gempa, Ganjar Siap  Kirim Bantuan 

Seperti diketahui, Ganjar selalu aktif mengirimkan bantuan kepada daerah lain yang terkena bencana. Tercatat, Ganjar pernah mengirimkan bencana untuk korban gempa dan tsunami di Palu pada 2018, mengirim bantuan korban tsunami di Banten dan Lampung pada 2019 dan mengirim bantuan korban banjir DKI Jakarta pada 2020.

Tahun ini, Ganjar telah mengirim bantuan ke tiga lokasi berbeda. Pertama bantuan untuk korban bencana gempa di Sulawesi Barat, bantuan untuk korban bencana banjir bandang Nusa Tenggara Timur dan bantuan korban bencana gempa di Jawa Timur.

 

Reporter: Ali Muntoha
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...