Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

PSKQ Kudus Kenalkan Kaligrafi Sebagai Jalan Spiritual

Santri PSKQ Kudus selawatan usai melaksanakan salat tarawih. (MURIANEWS/Vega Ma’arijil Ula)

MURIANEWS, Kudus – Pesantren Seni Rupa dan Kaligrafi Al-Quran (PSKQ) Kudus fokus di bidang kaligrafi. Tujuannya yakni sebagai jalan spiritual.

Pengamatan MURIANEWS, beberapa kaligrafi terpasang di berbagai sudut pondok di Gang 03, Desa Undaan Lor, Kecamatan Undaan, Kabupaten Kudus. Di situ juga terdapat beberapa piala dan foto santri yang meraih juara kaligrafi.

Pengasuh PSKQ Muhammad Assiry mengaku tertarik dengan karya seni. Ketertarikannya itu dituangkan lewat pondok yang fokus mendalami kaligrafi. “Saya senang seni. Dan kaligrafi itu bagian dari jalan spiritual,” katanya.

Menurut Assiry kaligrafi juga sebagai jalan untuk mengamalkan Al-Quran. Sehingga dapat memberikan manfaat kepada orang lain.

“Karena puncak ilmu itu ketika bisa bermanfaat bagi orang lain. Dulu kaligrafi hanya milik PSKQ saja. Sekarang sudah berkembang sampai ke masyarakat luas,” ujarnya.

Santri yang ada di PSKQ saat ini juga sudah mencatatkan beragam prestasi kaligrafi. Baik di tingkat nasional maupun internasional.

Saat ini karya kaligrafi di PSKQ terus dikembangkan. Mulai dari kaligrafi dinding, kaligrafi Grc, kaligrafi kuningan, dan kaligrafi kayu.

“Dari pondok ini kami lahirkan ribuan kaligrafer. Ada juga yang sekarang ngisi pelatihan kaligrafi, mengajar kaligrafi, dan menekuni bisnis arsitektur masjid,” pungkasnya.

 

Reporter: Vega Ma’arijil Ula
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...