Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Sukun Samping
Sukun Samping

Gasak Kotak Amal Masjid di Pati, Pria Bersarung Diamankan Warga

Pelaku pencurian kotak amal masjid di Pati diikat warga di pohon. (MURIANEWS/Istimewa)

MURIANEWS, Pati – Tak ada yang mengira, seorang bapak-bapak memakai sarung dan mengenakan jaket abu-abu, rupanya telah menggasak kotak amal di Masjid Jami’ Al Amin di Desa Agung Mulyo, Kacamatan Juwana, Pati, Kamis (15/4/2021).

Beruntung ada emak-emak, yakni Tugirah yang mengetahui aksi nekat tersebut. Hingga akhirnya pelaku bisa diamankan oleh warga setempat.

Mulanya, Tugirah mengetahui aksi tersebut sekitar pukul 05.15 WIB. Pada saat itu, jemaah masjid memang sudah pulang selepas ngaji subuh. Sementara Tugirah berniat untuk i’tikaf di masjid tersebut.

Tugirah pun mengambil air wudu yang tak jauh dari masjid tersebut. Namun, dia justru melihat seseorang yang mencurigakan duduk di samping kotak amal.

Dia pun berusaha untuk mendekati orang tersebut. Setelah kelihatan lebih jelas, rupanya orang tersebut bukanlah warga setempat. Tugirah juga melihat kotak amal sudah dalam keadaan terbuka. Selain itu, sejumlah uang juga sudah dikeluarkan oleh pelaku.

“Mengetahui itu, saya langsung teriak ‘Allahu akbar… Allahu akbar… tapi tak ada warga yang datang ke masjid,” ungkapnya.

Kemudian, lanjut Tugirah, pelaku tersebut mendekatinya dan mencoba untuk mengancam. Namun, Tugirah spontan berteriak meminta tolong kepada warga setempat.

“Saya teriak minta tolong, baru kemudian warga berdatangan,” terangnya.

Pelaku pun mencoba untuk kabur dengan menggunakan motor. Mungkin karena panik, pelaku pun terjatuh dari motornya dan kemudian diamankan warga.

Sementara pengurus masjid, Kasmito mengatakan, warga sempat menggeledah pelaku dan menemukan adanya obeng dan linggis berukuran kecil. Kemudian pihaknya pun melaporkan kejadian itu kepada petugas Polsek Juwana.

“Sempat dipukul beberapa warga tapi sebelum ramai kita amankan dulu. Dan kami hubungi Pak Petinggi dan Pak Petinggi menghubungi polsek,” pungkasnya.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...