Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

TAUSIAH RAMADAN GUS BAHA

Gus Baha: Hafal dan Amalkan 40 Hadis Bisa Masuk Surga Lewat Mana Saja

Gus Baha saat memberikan tausiah Ramadan yang dipersembahkan PR Sukun. (MURIANEWS)

MURIANEWS, Kudus – Hadis, selain bisa memandu manusia dalam menjalani dan menghadapi kehidupan, menghafal dan mengamalkan 40 hadis pokok juga bisa membuat seorang manusia termasuk dalam golongan alim ulama baik di dunia maupun di akhirat.

Kemuliaan yang didapat pun sangat luar biasa, selain tentunya diberi syafaat oleh Nabi Muhammad. Yakni bisa masuk surga lewat pintu manapun. Allah, juga menjanjikan terbebas dari adzab-Nya.

“Statusnya nanti di akhirat adalah golongan ulama, itu sudah dijamin masuk surga, kalau status ulamanya hanya di dunia saja belum tentu,” kata KH Ahmad Bahauddin Nursalim atau lebih dikenal dengan Gus Baha dalam Tausiah Ramadhan 1442 H bersama PR Sukun, Rabu (14/4/2021).

Hal-hal yang seperti inilah yang seharusnya dijadikan semangat manusia untuk menghafal 40 hadis. Selain tentunya, bisa turut membimbing dan menjadi pedoman untuk menyikapi hidup yang serba-serbi ini.

Gus Baha sendiri mengatakan jika hidup adalah tempatnya kekecewaan dan cobaan. Namun juga, ada banyak kebaikan yang ada di dalamnya.

Di kitab suci Al-Quran sendiri, tambah dia, sudah memprediksi jika kehidupan tidak selamanya bahagia. Pasti ada pula masalah-masalah dalam kehidupan.

Salah satu contohnya adalah ketika seorang makmum tak suka terhadap imam salatnya. Walau tak suka, para makmum tetap ikut sujud saat imam melakukan sujud. Hal tersebutlah yang dimaksud kebaikan dalam kekecewaan.

“Ora seneng kok tetep dilakoni, ya dibiji malaikate apik (Tidak suka kok tetap dilakukan, ya dinilai malaikatnya bagus),” kata Gus Baha.

Oleh karena itulah, semua manusia setidaknya harus punya ilmu untuk menghadapi situasi seperti itu. Karenanya, menghafal sekaligus mengamalkan 40 hadis adalah salah satu cara terbaik untuk menuntun dan membantu manusia menyikapi lika-liku kehidupan.

Tausiah Ramadan oleh Gus Baha ini disiarkan oleh channel Youtube MURIANEWS TV dan PR Sukun. Tausiah ini akan hadir setiap hari selama Ramadan pada pukul 17.15 WIB.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...