Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Sukun Samping
Sukun Samping

Ramadan dan Lebaran, Alokasi Gas Elpiji Melon di Kudus Ditambah Lima Persen

Petugas tengah menata gas elpiji di salah satu agen di Kudus, (MURIANEWS/Anggara Jiwandhana)

MURIANEWS, Kudus – Alokasi gas elpiji bersubsidi tiga kilogram di Kabupaten Kudus pada Ramadan kali ini, akan ditambah lima persen dari jumlah alokasi perbulan.

Penambahan itu setara dengan 40 ribu tabung.
Kasi Fasilitasi Perdagangan Dinas Perdagangan Kudus Teddy Hermawan mengatakan, elpiji tiga kilogram di Kudus setiap bulannya mendapatkan alokasi sebanyak 750 ribu tabung.

Namun untuk bulan April dan Mei 2021 ini ada tambahan fakultatif, menjadi sekitar 800 ribu tabung.

“Puasa dan Lebaran ada tambahan fakultatif kurang lebih lima persen,” katanya, Rabu (14/4/2021).

Ia menambahkan, di tahun 2021 alokasi gas elpiji bersubsidi tiga kilogram di Kabupaten Kudus sebanyak 9,3 juta tabung. Jumlah tersebut dirasa akan mencukupi hingga akhir tahun nanti.

Pihaknya juga belum menemukan kendala dalam penyaluran gas bersubidi ini. Setiap pangkalan pun masih mampu mengakomodir kebutuhan masyarakat sekitar.

Namun apabila permintaan meningkat dan stok kurang, maka pihaknya siap berkoordinasi dengan Pertamina untuk menambah alokasi stok.

“Karena meski saat ini ada larangan mudik, sepenuhnya tidak mempengaruhi kebutuhan penggunaan gas. Karena saat puasa atau lebaran contohnya pasti sering memasak dirumah dan menunya juga bermacam-macam, ” jelasnya.

Ia menegaskan, masyarakat Kudus tidak perlu panik atau bahkan menimbun gas elpiji tiga kilogram.

Selain kondisi yang masih cukup dan aman, permintaan juga masih relatif normal dan belum ada lonjakan yang signifikan. “Jadi jangan ada aksi membeli yang berlebihan, ” pungkasnya.

 

Reporter: Yuda Auliya Rahman
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...