Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Sukun Samping
Sukun Samping

Penyelundupan Rokok Kembali Digagalkan Bea Cukai Kudus, Satu Sopir Diamankan

Tim Bea Cukai Kudus menunjukkan barang bukti rokok ilegal di gudang penyimpanan barang bukti. (MURIANEWS/Anggara Jiwandhana)

MURIANEWS, Kudus – Bea Cukai Kabupaten Kudus berhasil menindak kembali peredaran rokok ilegal di area kerjanya. Kali ini, potensi kerugian negara yang berhasil diselamatkan adalah sebesar Rp 80,44 juta.

Kepala Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai (KPPBC) Kudus Gatot Sugeng Wibowo mengatakan, ada sebanyak 120 ribu batang rokok ilegal yang disita dalam penindakan kali ini.

“Penindakannya kembali dilakukan di Jepara, untuk nilai barang dari 120 ribu rokok ilegal tersebut berkisar di Rp 122,4 jutakatanya, Rabu (14/4/2021).

Gatot menyebut, pengungkapan ituberasal dari laporan masyarakat yang menduga adanya kendaraan pengangkut rokok ilegal.

Tim Bea Cukai, sambung dia, kemudian melakukan pelacakan dan ditemukan sebuah mobil berupa minibus yang diduga digunakan untuk mengangkut Barang Kena Cukai (BKC) diduga ilegal dari wilayah Jepara.

“Kami lakukan penyisiran dari 11 April, hasilnya, kami mengamankan minibus tersebut bersama satu orang sopir berinisial B (46),”rinci dia.

Saat ini, sopir berinisial B bersama barang bukti rokok sebanyak 120.000 batang, dibawa ke Kantor Bea Cukai Kudus untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

“Pelaku peredaran rokok ilegal sendiri bisa dijerat dengan Undang Undang Nomor 39 Tahun 2007 tentang Perubahan atas Undang-Undang Nomor 11 Tahun 1995, tentang Cukai,” rinci Gatot.

Pihaknya pun memastikan walau tengah dalam masa pandemi Covid-19, Bea Cukai Kudus akan tetap memaksimalkan fungsi pengawasan dan meningkatkan kinerja pelayanan. Tentunya, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Dari segi penindakan hasil pengawasan sendiri, pada triwulan pertama Bea Cukai Kudus telah berhasil melaksanakan 30 kali lebih penindakan. Baik berupa penindakan bangunan, penindakan sarana pengangkut, maupun operasi pasar.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...