Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Sukun Samping
Sukun Samping

Bantu Masyarakat Pesisir Utara Pati, KKP Berikan 50.000 Bibit Mangrove

Perwakilan dari Dislautkan Pati memberikan bibit mangrove kepada Kelompok Tani Makmur. (MURIANEWS/Istimewa)

MURIANEWS, Pati – Sebagai upaya untuk membentuk green belt (sabuk hijau) yang bisa menahan abrasi di wilayah pesisir utara Pati, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melalui Dirjen Pengelolaan Ruang Laut (PRL) memberikan bantuan 50 ribu bibit mangrove.

Bantuan diberikan kepada Kelompok Tani Makmur Desa Kembang, Kecamatan Dukuhseti, Pati. Secara simbolis, bibit pun diberikan oleh Kabid Pengelolaan dan Pengembangan Produk Kelautan dan Perikanan pada Dislautkan Pati J Harnoko.

“Bantuan bibit mangrove ini akan bisa memberikan manfaat bagi masyarakat pesisir Pati utara. Karena mangrove yang sudah ditanam dan dirawat dengan baik, nanti akan dapat mencegah terjadinya abrasi,” ujar Harnoko, Rabu (14/4/2021).

Menurutnya, penanaman mangrove memang dilakukan secara swakelola oleh kelompok tani desa setempat. Sementara luas lahan yang ditanami adalah 10 hektare.

“Apabila memungkinkan, penanaman juga bisa dilakukan dengan jangkauan lebih luas, sehingga dapat membentuk green belt,” katanya.

Sementara Ketua Kelompok Tani Makmur Desa Kembang Muamar mengatakan, penanaman mangrove ini diakui sangat penting. Selain dapat mencegah terjadinya abrasi, mangrove nantinya juga bisa dimanfaatkan oleh warga sekitar.

“Bisa dijadikan makanan olahan, dan ini akan membawa pertumbuhan ekonomi kepada masyarakat. Kami akan berusaha untuk merawat bibit mangrove yang sudah ditanam ini,” pungkasnya.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...