Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Sukun Samping
Sukun Samping

Sudah Diberi Lampu Hijau, Jumlah SMP di Jepara Gelar Ujian Tatap Muka Belum Jelas

SMPN 2 Jepara saat mengikuti uji coba pembelajaran tatap muka. (MURIANEWS/Faqih Mansur Hidayat)

MURIANEWS, Jepara – Rencananya, pekan depan seluruh SMP di Jepara melaksanakan ujian sekolah bagi kelas IX. Namun, hingga kini masih belum ada kejelasan terkait sekolah mana saja yang menyelenggarakan ujian secara daring atau tatap muka.

Hal itu disampaikan oleh Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Jepara Agus Tri Harjono, Selasa (13/4/2021). Ia menyebut, ujian sekolah dijadwalkan pada 19 April sampai 1 Mei 2021.

Agus menjelaskan, pihaknya sudah menyiapkan dua skema untuk pelaksanaan ujian itu. Yakni tetap secara daring dan tatap muka.

Meskipun demikian, hingga kini belum semua SMP di Jepara melaporkan kepada pihaknya, apakah memilih ujian tatap muka atau daring.

“Kami sudah edarkan surat tentang skema ujian sekolah. Tapi sampai sekarang baru beberapa sekolah yang lapor,” ujar Agus.

Jika sekolah memilih tatap muka, kata Agus, pihak sekolah wajib mengatur sistem ujian sesuai protokol kesehatan. Terutama yang berkaitan dengan kebersihan dan penataan bangku yang berjarak.

Sementara itu, jika memilih daring, Agus menilai hal itulah yang saat ini sudah siap bagi sebagian besar sekolah.

“Rata-rata sekolah justru sangat siap kalau daring. Karena sudah ada aplikasi yang telah dipakai selama pembelajaran daring sejak pandemi ada,” terangnya.

Agus menambahkan, bagi sekolah- yang gurunya susah divaksin, semestinya sudah bisa berani menjalankan ujian tatap muka.  Namun di Jepara baru beberapa sekolah saja yang gurunya sudah divaksin.

Seperti SMPN 1-2 Mayong, SMPN 1 Mlonggo,  SMPN 1 Keling, dan SMPN 2 Jepara. Namun begitu, pihaknya tetap memberikan keleluasaan pihak sekolah dan wali murid untuk memilih skema ujian sekolah.

“Kalau yang gurunya belum divaksin, dan ingin ujian tatap muka, silahkan saja. Tapi tetap harus menjaga ketat protokol kesehatan dan mendapat izin dari Satgas Covid 19 di tingkat kecamatan masing-masing,” pungkas Agus.

 

Reporter: Faqih Mansur Hidayat
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...