Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Sukun Samping
Sukun Samping

Porsi Latihan Fisik Atlet PTM Sukun Disesuaikan Selama Ramadan, Begini Teknisnya

Atlet PTM Sukun Kudus berlatih. (MURIANEWS/Vega Ma’arijil Ula)

MURIANEWS, Kudus – Porsi latihan atlet Persatuan Tenis Meja (PTM) Sukun disesuaikan selama Ramadan. Saat ini atlet hanya berlatih sore hari saja. Namun, program latihan di sore hari itu sudah termasuk tiga program latihan.

Sebelum Ramadan, atlet PTM Sukun menjalani tiga program latihan. Tiga program itu dijalani Senin hingga Sabtu. Ketiga program itu terdiri dari kelenturan dan fisik pukul 06.00 WIB, teknik pukul 08.30 WIB sampai 11.30 WIB, dan teknik pukul 15.30 WIB sampai 18.00.

Latihan yang dijalani atlet PTM Sukun saat ini hanya dilakukan sore hari. Kendati porsinya berkurang dari yang biasanya sehari dua kali, namun tidak mengurangi menu program latihan. Sebab, tiga program latihan seperti fisik, teknik, dan kelenturan tetap dijalankan.

Menurut Pelatih Fisik PTM Sukun, Frengki setyo Prabowo selama puasa ada penyesuaian porsi latihan fisik. Baik bagi atlet U-12, U-15, dan U-19. Untuk program fitnes Senin dan Rabu yang biasanya dilakukan sore hari, selama Ramadan dimulai setelah berbuka puasa.

Atlet PTM Sukun Kudus Latihan (MURIANEWS/Vega Ma’arijil Ula)

Untuk latihan teknik dilakukan pukul 16.30 sampai 17.30. Program latihan tersebut juga tetap dilakukan Senin hingga Sabtu. Sedangkan Minggu libur.

“Untuk fitnesnya digelar setelah buka puasa dan salat Maghrib. Dimulai setengah tujuh malam, durasinya 1 sampai 1,5 jam,” katanya, Selasa (13/4/2021).

Kemudian di hari lainnya selain Senin dan Rabu diisi dengan menjaga kebugaran. Selama Ramadan dilakukan sebelum sahur. Durasinya lima sampai sepuluh menit. Kemudian sore harinya ada lari kecil selama lima sampai sepuluh menit untuk menjaga kebugaran.

“Walaupun latihan hanya dilakukan sore saja, tidak mempengaruhi peak performance. Karena sebelumnya kami kan sudah rutin latihan pagi dan sore. Tiga program kan juga tetap kami jalankan selama Ramadan,” ujar Frengky.

Selain itu, asupan gizi seimbang juga diberikan kepada atlet PTM Sukun. Mulai dari suplemen, susu, buah, dan sayur.

“Untuk hari ini, pertama puasa anak-anak libur. Mulai latihan lagi besok Rabu. Harapan kami selama Ramadan fisik anak-anak tidak menurun, melainkan harus di atas atlet-atlet tenis meja dari klub lain,” imbuhnya.

Reporter: Vega Ma’arijil Ula

Editor: Budi erje

Comments
Loading...