Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Sukun Samping
Sukun Samping

Indonesia Hanya Kirimkan Tiga Wakil ke India Open, Kejar Poin Olimpiade

Sabar Karyaman Gutama/Moh Reza Pahlevi Isfahani, pasangan ganda bulu tangkis yang akan dikirim ke India Open. (BADMINTON INDONESIA Twitter)

MURIANEWS, Jakarta –BWF (Badminton World Federation) atau Federasi Bulu Tangkis Dunia, akan kembali menggulirkan turnamen. Rangkaian turnamen BWF World Tour, dijadwalkan sudah kembali bergulir pada Mei 2021 ini.

Paling dekat, ada tiga buah tournament yang pelaksanaannya akan segera dilakukan. Turnamen itu diantaranya adalah India Open, Spain Master dan Malaysia Open. India Open akan digelar pada 11-16 Mei 2021 ini.

Kepala Bidang Pembinaan Prestasi PBSI (Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia), Rionny Mainaky menyatakan ada tiga wakil Indonesia yang akan dikirim ke India Open. Mereka terdiri dari satu pasangan ganda putra, dan dua pasangan ganda campuran.

Ketiga wakil tersebut ialah Sabar Karyaman Gutama/Moh Reza Pahlevi Isfahani, Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja, dan Adnan Maulana/Mychelle Crhystine Bandaso. Jumlah ini lebih sedikit dibandingkan dengan partisipasi Indonesia di turnmaen lainnya.

Rionny Mainaky, menyatakan PBSI punya pertimbangan tersendiri terkait hal ini. Salah satunya adalah memberi kesempatan kepada mereka yang dikirim untukmengejar poin Olimpiade.

“Kami memang hanya memprioritaskan Hafiz/Gloria untuk tampil di India Open demi mengumpulkan poin Olimpiade,” kata Rionny.

“Dibandingkan dengan pemain lain yang relatif aman, posisi Hafiz/Gloria memang masih berisiko tergeser. Jadi, mereka harus berjuang di turnamen itu,” tambahnya.

“Sementara untuk Adnan/Mychele bertugas sebagai pendamping dan lawan sparring mereka. Kalau Sabar/Reza masuk daftar tunggu,” pungkasnya.

Dari 8 besar Race to Tokyo (Oliampiade Tokyo), Hafiz/Gloria berada di posisi kedelapan dengan total 60.851 poin. Mereka hanya unggul 285 poin atas Tang Chun Man/Tse Ying Suet (Hong Kong) yang berada di urutan kesembilan dan berjarak 983 atas Marcus Ellis/Lauren Smith (Inggris) yang menghuni peringkat ke-10.

Dalam daftar ranking BWF secara keseluruhan, Hafiz/Gloria juga mendapat tekanan dari bintang Perancis, Thom Gicquel/Delphine Delrue. Hafiz/Gloria kini menghuni urutan kesembilan dengan catatan 65.941 poin. Thom Gicquel/Delphine Delrue menyusul di peringkat ke-10 dengan koleksi 65.632 poin. Mengingat tidak adanya turnamen dalam beberapa pekan ini, daftar peringkat dunia BWF pun tak mengalami perubahan sejak Selasa (6/4/2021).

Penulis: Budi erje
Editor: Budi erje

Sumber: kompas.com

Comments
Loading...