Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Sukun Samping
Sukun Samping

Ribuan Penerima Manfaat di Kudus Mulai Terima BLT DD, Totalnya Capai Rp 2,57 Miliar

Salah satu penerima BLT Dana Desa tengah menunjukkan uang tunai yang diterimanya. (MURIANEWS/Anggara Jiwandhana)

MURIANEWS, Kudus – Penyaluran bantuan langsung tunai (BLT) yang bersumber dari Dana Desa (DD) di Kabupaten Kudus hingga awal pekan ini telah mencapai sebanyak Rp 2,57 miliar. Dengan total penerima manfaat yakni sebanyak 8.571 orang.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Kudus Adi Sadhono merincikan, untuk jumlah penerima manfaat yang baru menerima BLT tahap satu atau Januari 2021, adalah sebanyak 8.220 orang.

Sementara untuk penerima manfaat pada bulan Febuari, lanjut dia, baru sebanyak 351 orang. “Jumlah tersebut berasal dari 47 desa, baru ada dua desa yang sudah mencairkan tahap dua,” kata dia, Selasa (13/4/2021).

Saat ini sendiri, sejumlah desa memang belum mencairkan Dana Desanya. Sementara desa yang telah mencairkan dana desa, kini tengah mengajukan SPP pencairan ke bank penyalur. Sehingga BLT DD bisa segera dicairkan kepada penerima manfaat.

“Selain itu saat ini juga masih ada sejumlah desa yang masih dalam proses verifikasi oleh KPPN,” ujarnya.

Ia memperkirakan, ketika 123 desa di Kabupaten Kudus sudah menerima Dana Desa, dipastikan penyaluran BLT Dana Desa juga akan berlangsung di semua desa.

Adi menambahkan, pencairan BLT DD tak bisa langsung dicairkan secara bersamaan atau dirangkap. Pihak desa, kata dia, harus mencairkannya secara bertahap.

Pihaknya pun mengakui adanya keterlambatan dalam pencairan dana desa. Hal tersebut karena adanya sejumlah aturan baru dalam pencairannya kini. Salah satunya adalah penunjukkan pejabat yang menandatangani surat pengantar pengajuan pencairan.

“Penunjukkannya juga harus melalui surat keputusan bupati,” jelasnya.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...