Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Sukun Samping
Sukun Samping

Degan Bakar, Minuman Sehat di Kudus Ini Dipercaya Memiliki Segudang Khasiat Bagi Tubuh

Proses pembakaran degan ijo dan degan wulung. (MURIANEWS/Yuda Auliya Rahman)

MURIANEWS, Kudus – Degan atau kelapa muda saat Ramadan biasanya ramai diburu warga sebagai pelepas dahaga saat berbuka puasa. Ada yang menyajikannya sebagai minuman segar yang dicampur dengan es dan sirup.

Ada juga yang menikmatinya langsung tanpa campuran apapun. Selain pelepas dahaga, degan juga dipercaya memiliki banyak khasiat sebagai penawar racun dalam tubuh atau pengobatan.

Degan pun bisa diolah dengan berbagai macam sajian. Salah satunya dengan cara dibakar.

Di Kota Kretek, ada warung yang menyajikan olahan degan bakar yakni, Warung Degan Bakar Gubug Brogo Selo. Yang berada di Jalan Kapten Ali Mahmudi turut Desa Bacin, Kecamatan Bae, Kabupaten Kudus, tepatnya di depan Balai Desa Bacin.

Di tempat ini menyajikan dua jenis degan bakar, yaitu jenis degan ijo biasa dan degan wulung. Degan bakar dipercaya memiliki khasiat yang lebih tinggi dibandingkan dengan degan biasa.

Penyajian degan bakar yang dipercaya miliki segudang khasiat. (MURIANEWS/Yuda Auliya Rahman)

Dalam proses pembakarannya, baik degan biasa atau degan wulung membutuhkan waktu yang cukup lama. Hingga kurang lebih minimalnya satu jam agar air di dalam kelapa muda mendidih sempurna dan awet hangat sangat disajikan.

Pemilik Warung Degan Bakar Gubug Selo Rustim (37) mengatakan, usaha degan bakar tersebut sudah dirintis selama satu tahun terakhir. Menurutnya, degan akan lebih banyak khasiatnya ketika jika dibakar terlebih dahulu.

“Khasiatnya akan lebih bagus saat dibakar dulu. Banyak pembeli yang biasanya merasakan setelah minum degan bakar itu besok pagi setelah tidur terasa enteng. Tidur juga akan lebih nyenyak, ” katanya, Senin (13/4/2021).

Degan bakar, sambung pria yang akrab disapa Kang Rus itu, merincikan sejumlah khasiat degan bakar. Seperti menetralisir racun dalam tubuh, menghancurkan batu ginjal, menurunkan kadar kolesterol, menurunkan gula darah, hipertensi,  asma,  menghilangkan pegal-pegal, hingga melancarkan peredaran darah.

“Banyak yang ke sini itu buat gejala batu ginjal, darah tinggi, atau kecapekan. Kami juga menyediakan rempah-rempah, ada yang bilang ditambah rempah-rempah cocok untuk menambah stamina. Tapi yang jelas tambah rempah itu bisa menghangatkan tubuh,” jelasnya.

Dalam satu hari, dirinya bisa menjual degan bakar berkisar antara 30 hingga 50 buah degan bakar. Sementara harganya pun cukup terjangkau, satu buah degan bakar ijo biasa dengan harga Rp 15 ribu dan untuk degan wulung bakar dipatok dengan harga Rp 20 ribu.

“Degan Wulung bakar juga ada yang 18 ribu, tergantung besar kecilnya. Kalau tambah rempah-rempah tambah Rp 5 ribu. Buka setiap harinya kecuali malam Jumat mulai pukul 13.00-21.00 WIB, tapi puasa ini saya buka mulai pukul 14.00 WIB,” pungkasnya.

 

Reporter: Yuda Auliya Rahman
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...