Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Sukun Samping
Sukun Samping

Awal Puasa, Stok Darah di PMI Grobogan Masih Ada 376 Kolf

PMI Grobogan membuka layanan donor darah malam hari di Alun-alun Purwodadi. (MURIANEWS.com/ Dani Agus)

MURIANEWS, Grobogan – Memasuki bulan puasa, persediaan atau stok darah yang ada di UTTD Palang Merah Indonesia (PMI) Grobogan masih mencukupi. Di mana, stok darah pada, Selasa (13/4/2021) pagi masih ada 376 kantong atau kolf.

Beberapa pekan sebelumnya, stok darah sempat minim selama beberapa hari. Bahkan, untuk darah golongan AB sempat mengalami kekosongan stok.

Kasi Pelayanan PMI Grobogan Gesit Kristyawan mengungkapkan, dari 376 kolf stok darah yang ada, sebanyak 137 kolf di antaranya adalah darah golongan O. Kemudian, untuk darah golongan A sebanyak 105 kolf, golongan B ada 115 kolf, dan golongan AB hanya 19 kolf.

“Stok hari ini paling banyak darah O dan paling sedikit darah AB. Untuk darah AB ini memang stoknya selalu minim dalam satu bulan terakhir dan bahkan sempat kosong,” katanya.

Gesik menyatakan, dalam beberapa hari terakhir sebelum masuknya bulan puasa, ada banyak pendonor yang menyumbangkan darahnya. Seperti dari karyawan pabrik, organisasi kemasyarakatan, instansi pemerintahan dan juga pendonor di desa-desa.

“Dalam sepekan kemarin, ada cukup banyak pendonor yang menjadikan stok yang kita miliki cukup aman. Untuk stok darah ini bisa berubah setiap saat karena ada yang memanfaatkan dan ada pendonor yang masuk,” sambungnya.

Meski stok saat ini masih banyak, Gesit tetap mengharapkan sumbangan darah untuk kepentingan kemanusiaan dari berbagai pihak. Menurutnya, dengan adanya stok yang mencukupi maka masyarakat yang membutuhkan darah bisa terlayani dengan cepat.

“Berdasarkan pengalaman sebelumnya, saat bulan puasa, jumlah pendonor mengalami penurunan dibandingkan bulan lainnya. Untuk itu, selama bulan puasa ini kami sangat mengharapkan adanya sumbangan darah dari berbagai pihak,” pungkasnya.

 

Reporter: Dani Agus
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...