Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Sukun Samping
Sukun Samping

Biar Ujian Sekolah Bisa Tatap Muka, Bupati Kudus Akan Minta Izin Gubernur

Bupati Kudus HM Hartopo memanatau uji coba pembelajaran tatap muka di SMA 1 Bae. (MURIANEWS/Yuda Auliya Rahman)

MURIANEWS, Kudus – Bupati Kudus HM Hartopo akan meminta izin kepada Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo agar sekolah di Kudus bisa melaksanakan ujian sekolah tatap muka. Pasalnya, Hartopo menilai ujian sekolah tidak akan efektif jika digelar secara daring.

“Kami akan matur (bilang) Pak Gubernur supaya ujian sekolah harus tatap muka semua. Tidak boleh daring,” katanya, Senin (12/4/2021).

Meski demikian, menurutnya saat ujian sekolah tatap muka semua guru atau tenaga pendidik harus sudah divaksin. Baik sekolah yang kini mengikuti uji coba pembelajaran tatap muka (PTM) atau sekolah yang belum melaksanakannya.

“Kami sudah minta Dinas Kesehatan Kabupaten Kudus agar bisa memprioritaskan guru. Untuk mempersiapkan ujian sekolah tatap muka atau pembelajaran tatap muka nanti,” ujarnya.

Namun jika vaksinasi belum dilakukan, akan tetap menggunakan metode daring. Pihaknya juga menginstruksikan agar saat pelaksanaannya nanti protokol kesehatan harus diterapkan secara ketat.

“Kalau belum vaksin, solusinya ya daring seperti kemarin. Tapi guru harus kerja keras, jangan tidak ada materi, tidak ada tugas, apalagi tidak ada ujian, ” ungkapnya.

Baca: Bupati Hartopo Tinjau Uji Coba PTM di Kudus, Siswa Dipesan Agar Tak Keluyuran

Terpisah, Plt Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Kudus Harjuna Widada mengatakan, saat ini di Kudus baru ada sekitar 450-an guru dan tenaga pendidik dari belasan sekolahan yang sudah divaksin.

“Ada sembilan SD dan satu SMP yang kemarin sudah divaksin, dan ada juga dari SMA. Ujian sekolah SMP itu mulainya 19 April 2021. Pak bupati juga sudah koordinasi sama DKK agar yang lain secepatnya bisa divaksin,” jelasnya.

Menurutnya, jika belum semua guru divaksin, tidak menutup kemungkinan ujian sekolah digelar tatap muka. Namun hanya untuk sekolah yang gurunya sudah divaksin saja.

“Sesuai instruksi Pak Bupati tadi kalau yang belum divaksin sementara daring dulu, ” pungkasnya.

 

 

Reporter: Yuda Auliya Rahman
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...