Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Sukun Samping
Sukun Samping

Bupati Jepara Izinkan Warganya Gelar Buka Bersama, Tapi…

Dian Kristiandi, Bupati Jepara. (MURIANEWS/Vega Ma’arijil Huda)

MURIANEWS, Jepara – Biasanya, umat Islam yang menjalani puasa Ramadan sering mengadakan buka bersama (bukber) dengan kerabat atau rekan. Agenda-agenda bukber dibuat untuk mempererat tali persaudaraan antarsesama.

Pada Ramadan tahun lalu, lantaran pandemi dan angka Covid-19 di Jepara tengah melesat, pemerintah melarang masyarakat untuk bukber. Kebijakan itu terpaksa dibuat untuk menekan angka penyebaran virus tersebut.

Sementara saat ini, karena kondisi Covid-19 sudah mulai bisa dikendalikan, Ramadan tahun ini Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jepara memutuskan untuk memperbolehkan masyarakat mengadakan bukber.

Bupati Jepara Dian Kristiandi mengungkapkan, bukber memang dibolehkan. Tapi tidak berarti kerumunan yang besar juga diizinkan. Pihaknya mengimbau masyarakat agar tetap membatasi kegiatan yang memicu kerumunan.

”Imbauannya masyarakat jangan buat kerumunan. Termasuk bukber. Saran saya, kalau tidak begitu penting, tidak usah buat bukber,” tutur Andi, Senin (12/4/2021) saat ditemui di Pendapa RA Kartini.

Selain bukber, bupati juga mengizinkan umat Islam Jepara untuk menjalankan tradisi keagamaan selama Ramadan ini.

Kendati begitu, protokol kesehatan harus dijalankan dengan ketat. Seperti menjaga jarak dan memakai masker saat melaksanakan salat tarawih.

“Silahkan menjalankan tradisi selama Ramadan. Tapi tetap, protokol kesehatan jadi prioritas utama,” tegas Andi.

 

Reporter: Faqih Mansur Hidayat
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...