Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Bupati Hartopo Tinjau Uji Coba PTM di Kudus, Siswa Dipesan Agar Tak Keluyuran

Bupati Kudus HM Hartopo meninjau uji coba pembelajaran tatap muka di SMP 1 Jekulo, (MURIANEWS/Yuda Auliya Rahman)

MURIANEWS, Kudus – Bupati Kudus HM Hartopo meninjau pelaksanaan uji coba pembelajaran tatap muka (PTM) yang sudah berlangsung di pekan kedua, Senin (12/4/2021). Hartopo melakukan tinjauan di SMP 1 Jekulo, dan SMA 1 Bae, Kudus.

Dalam kunjungannya ke ia pun berpesan kepada siswa yang mengikuti uji coba PTM untuk menerapkan protokol kesehatan yang ketat di manapun berada. Ia juga meminta seluruh siswa untuk tetap semangat belajar.

“Tetap dijaga protokol kesehatan ya, jangan hanya di sekolahan pas keluar rumah juga dijaga. Pakai masker itu penting, kalau perlu tambah faceshield juga malah bagus. Tetap semangat belajar, harus jadi generasi yang pintar, “katanya saat meninjau pelaksanaan PTM di SMP 1 Jekulo.

Ia juga meminta saat selesai PTM siswa tak boleh keluyuran dan harus langsung pulang ke rumahnya masing-masing. Hartopo juga tidak menginginkan masih adanya laporan siswa di Kudus yang tidak menerapkan protokol kesehatan.

“Harus langsung pulang ke rumah setelah sekolah, yang terpaksa pakai sepeda sendiri juga harus langsung pulang. Jangan sampai ada laporan orang foto ke saya ada siswa yang tidak pakai masker. Ini baru uji coba PTM, kalau gagal nanti tutup lagi pasti kalian tidak mau daring terus. Jadi prosesnya harus dijaga, ” ujarnya.

Sejauh ini, lanjut dia, pelaksanaan uji coba PTM di Kudus sudah dinilai baik dan tidak ada masalah. Pihaknya pun meminta agar hal tersebut bisa dipertahankan.

“Prokesnya sudah bagus. Yang datang sendiri tidak diantar orang tua juga diusahakan untuk bisa sarapan di rumah. Berangkat atau pulang tidak boleh mampir-mampir, ” ucapnya.

Meski demikian, pihaknya tetap meminta kepada stakeholder di sekolah bisa saling mengedukasi satu sama lain, agar penerapan protokol kesehatan bisa berjalan sempurna. Khususnya untuk guru ataupun tenaga kependidikan yang ada di sekolahan.

“Paling tidak satu-dua hari minimalnya harus terus diingatkan. Biasanya adik-adik (siswa) kalau tidak sering diingatkan itu bisa lupa, makannya harus diingatkan. Jika tidak berjalan dengan baik nanti ada evaluasi tentang PTM, semoga bisa menjaga semua, ” jelasnya.

Sementara Plt Kepala SMP 1 Jekulo Sujarwo mengatakan, memasuki pekan kedua ini uji coba PTM di sekolahnya terbilang tanpa kendala. Dari mulai penerapan protokol kesehatan hingga keaktifkan siswa dalam mengikuti uji coba PTM.

“Sejauh ini lancar, alhamdulillah tidak ada yang sakit semoga itu bisa bertahan terus semuanya sehat. Mulai dari hari pertama hingga hari terakhir pun siswa belum ada yang absen atau pun ijin, semuanya masuk, ” ungkapnya.

Menurutnya saat uji coba PTM di hari puasa atau Ramadan nanti durasi waktu per mata pelajaran akan dikurangi. ” Sesuai petunjuk per mata pelajaran akan kami kurangi 10 menit. Semoga adanya puasa akan membuat siswa semakin sehat, ” pungkasnya.

Reporter: Yuda Auliya Rahman
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...