Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Sukun Samping
Sukun Samping

Bupati Sebut Ada Internal OPD Pemkab Kudus Bermasalah, Reformasi Birokrasi Dilakukan Bertahap

ASN di lingkup Pemkab Kudus mengikuti apel pagi di halaman Pendapa Kabupaten Kudus. (MURIANEWS/Anggara Jiwandhana)

MURIANEWS, Kudus – Bupati Kudus HM Hartopo menyoroti sejumlah problematika di dalam jajarannya. Salah satunya permasalahan di internal organisasi perangkat daerah (OPD) karena tidak kompaknya aparatur sipil negara (ASN) di dalamnya.

Hartopo pun tak menampik hal tersebut. Sehingga menurutnya, perlu adanya ketegasan dalam memimpin mereka.

“Harus tegas, karena saat ini banyak aparatur sipil negara di beberapa OPD yang tidak kondusif,” katanya ketika dijumpai awak media usai memimpin apel pejabat struktural di halaman Pendapa Kabupaten Kudus, Senin (12/4/2021).

Hal tersebut, kata dia, dikarenakan banyaknya masalah-masalah di dalam suatu dinas yang dibiarkan dan tidak diselesaikan. Bahkan, tidak pernah ada konsolidasi yang baik.

“Maka dari itu kami tekankan, jangan ada duri-duri di pendapa maupun di dalam dinas,” tegasnya.

Karenanya, pihaknya berpesan kepada semua OPD untuk terus meningkatkan koordinasinya. Konsolidasi di dalam dinas juga harus ditingkatkan. Sehingga sebuah OPD bisa harmonis dan terintegrasi dengan baik.

“Kita tentunya semakin bisa bekerja sama dengan baik, dan kuat tentunya dalam melayani masyarakat,” sambung Hartopo.

Oleh karena itulah, pihaknya akan melakukan reformasi dengan konsep empat sehat lima sempurna. Yakni dengan mencari pemimpin yang jujur, disiplin, yang loyalitas tinggi, memiliki kemauan kerja tinggi, dan kepintaran.

”Reformasi birokarasi akan dilakukan bertahap, karena semua butuh penilaian dan perlu adanya evaluasi. Bisa saja setahun ada dua sampai tiga kali. Kita punya tim untuk menilai,” ungkapnya.

Yang menjadi prioritas, sambung Hartopo, adalah sejumlah OPD yang belum memiliki kepala dinas. Untuk setelahnya bisa saja merambah ke eselon tiga setara kepala bidang dan eselon empat setara kepala seksi. “Sambil jalan, sambil dievaluasi, kami sudah punya tim khusus untuk ini,” tandasnya.

Baca: Pimpin Apel Sebagai Bupati, Hartopo: Semua Jajaran Harus Satu Tujuan Bangun Kudus

Hartopo Senin (14/4/2021) hari ini memimpin apel untuk kali pertama setelah dilantik sebagai Bupati Kudus. Apel tersebut pun dihadiri semua pejabat struktural Pemkab Kudus.

Dalam pengarahannya, Hartopo menegaskan kepada semua jajarannya untuk bersinergi satu visi dan misi untuk membangun Kudus yang lebih baik lagi. Semua jajarannya juga diminta untuk bisa terus berkoordinasi dan satu komando dalam melangkah.

Para jajarannya di lingkup Pemerintahan Kabupaten Kudus juga diharapkan bisa tegak lurus dalam melaksanakan pekerjaannya. Para PNS yang merupakan produk birokrasi pun diharapkan tidak salah kamar dalam menjalankan tugasnya.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...