Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Sukun Samping
Sukun Samping

Pimpin Apel Sebagai Bupati, Hartopo: Semua Jajaran Harus Satu Tujuan Bangun Kudus

Bupati Kudus HM Hartopo memimpin apel pejabat struktural di halaman Pendapa Kabupaten Kudus, Senin (12/4/2021) (MURIANEWS/Anggara Jiwandhana)

MURIANEWS, Kudus – HM Hartopo Senin (12/4/2021) pagi, memimpin apel untuk pertama kalinya usai dikukuhkan sebagai Bupati Kudus oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Jumat (9/4/2021), pekan lalu. Apel tersebut pun dihadiri semua pejabat struktural Pemkab Kudus dan dilaksanakan di halaman Pendapa Kabupaten.

Dalam pengarahannya, Hartopo menegaskan kepada semua jajarannya untuk bersinergi satu visi dan misi untuk membangun Kudus yang lebih baik lagi. Semua jajarannya juga diminta untuk bisa terus berkoordinasi dan satu komando dalam melangkah.

“Harus satu tujuan, satu visi, satu misi, dan satu komando dalam menjalankan semua kebijakan,” kata Hartopo.

Para jajarannya di lingkup Pemerintahan Kabupaten Kudus juga diharapkan bisa tegak lurus dalam melaksanakan pekerjaannya. Para PNS yang merupakan produk birokrasi pun diharapkan tidak salah kamar dalam menjalankan tugasnya.

“Saya adalah produk politik, ASN adalah produk birokrasi. Dipahami itu dan jangan salah kamar. Terus layani masyarakat sepenuh hati,” ujarnya.

Oleh karena itu, pihaknya menginginkan tak ada sama sekali kubu di lingkungan pemerintahan. Karena dikhawatirkan bisa mengacaukan pelayanan masyarakat. “Jangan ada pendapa kecil di dalam pendapa, jangan ada OPD kecil di dalam OPD,”  tegasnya.

Sementara untuk kemajuan Kota Kretek, Hartopo akan mulai membangun Kabupaten Kudus dengan gagasan GASIK.

GASIK sendiri merupakan akronim dari Gerakan Aman, Sehat, Indah, dan Kreatif. Kudus GASIK, kata dia, akan dikonsep dengan menggandeng stakeholder dan wakil pengusaha untuk menata estetika wilayah di Kota Kretek.

“Di dalamnya ada tata, titi, dan, titis. Yakni menata tata kotanya, ’Titi’ itu meneliti dan hati-hari, dan ’Titis’ itu harus betul-betul pas, jadi ditata, setiti, dan pas,” jelasnya.

Hartopo sendiri, telah menyampaikan komitmen untuk siap menyelenggarakan pemerintahan yang bersih, melalui reformasi birokrasi. Pihaknya bahkan menjanjikan reformasi hingga ke akar-akarnya.  Dengan begitu, masalah birokrasi bisa dibenahi dengan maksimal.

“Saya butuh empat sehat lima sempurna, jujur, disiplin, loyalitas, kemauan kerja tinggi, dan kepintaran SDM sebagai penyempurnanya. Akan kita pilih orang-orang yang mempunyai kriteria tersebut untuk memegang peranan yang seharusnya mampu mereka kerjakan,” katanya.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...