Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Sore Ini Menag Pimpin Langsung Sidang Isbat 1 Ramadan, Pemantauan Hilal Dilakukan di 86 Lokasi

Yaqut Cholil Qoumas. (Istimewa)

MURIANEWS, Jakarta – Menteri Agama KH Yaqut Cholil Qoumas bakal memimpin langsung jalannya sidang isbat, Senin (12/4/2021) sore nanti.

Sesuai rencana, sidang isbat penentian 1 Ramadan1442 TU 2021 Masehi akan digelar pukul 16.45 WIB di Kantor Kementerian Agama, Jl MH Thamrin, Jakarta Pusat. Kemenag juga turut mengundang pimpinan MUI dan Komisi VIII DPR.

“Insyaallah, sidang isbat awal Ramadhan digelar 12 April 2021. Karena masih pandemi, sidang akan kembali digelar secara daring dan luring dengan menerapkan protokol kesehatan,” kata Dirjen Bimas Islam Kemenag Kamaruddin Amin melalui keterangan tertulis seperti dikutip Detik.com

Penetapan hari sidang isbat sesuai dengan Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) tentang Penetapan Awal Ramadan, Syawal, dan Zulhijah.

“Karenanya, sidang isbat awal Ramadhan ini digelar pada 29 Syakban yang bertepatan 12 April 2021,” tuturnya.

Direktur Urusan Agama Islam Kemenag Agus Salim mengatakan pihaknya akan menurunkan beberapa pemantau hilal di 86 lokasi yang tersebar di 34 provinsi. Pemantau hilal itu berasal dari petugas Kanwil Kemenag dari beberapa Kabupaten/kota beserta ormas Islam lainnya.

“Akan menurunkan sejumlah pemantau hilal Ramadhan 1442 H di 86 lokasi dari 34 provinsi di Indonesia. Mereka berasal dari petugas Kanwil Kementerian Agama dan Kemenag Kabupaten/Kota yang bekerjasama dengan pengadilan agama, ormas Islam serta instansi terkait setempat,” kata Agus Salim.

Selain itu, sidang isbat akan digelar dalam tiga tahapan, dimulai pada pukul 16.45 WIB.

Pertama, pada pukul 16.45 WIB, akan dimulai dengan pemaparan posisi hilal awal Ramadhaan 1442 H oleh anggota Tim Unifikasi Kalender Hijriah Kemenag. Sesi ini akan disiarkan langsung melalui tayangan televisi

Kedua, setelah shalat Maghrib, akan digelar sidang isbat awal Ramadan. Tahap ini digelar secara tertutup.

Ketiga, akan digelar konferensi pers penyampaian hasil sidang isbat oleh Menteri Agama. Penyampaian keputusan akan akan disiarkan TVRI dan media sosial Kemenag.

Penulis: Supriyadi
Editor: Supriyadi
Sumber: Detik.com

Comments
Loading...