Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Nahkoda Pelajar NU Jepara Baru, Sekolah Negeri Jadi Target Dirikan Komisariat

Pengurus IPNU Jepara. (MURIANEWS/Faqih Mansur Hidayat)

MURIANEWS, Jepara- Pimpinan Cabang (PC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Kabupaten Jepara kini memiliki nahkoda baru. Kader-kader muda NU ini bertekad untuk masuk ke sekolah-sekolah di luar naungan LP. Ma’arif NU dan mendirikan komisariat-komisariat di sana.

Ketua PC IPNU Jepara terpilih, Jelly Andrian, secara aklamasi ditunjuk para peserta Konfercab. Sejak awal Jelly Andrian memang diusung sembilan Pengurus Anak Cabang (PAC).

Dirinya berhasil melenggang ke tahap pemilihan setelah lawannya yang diusung enam PAC tidak lolos verifikasi.

Jelly menyatakan, salah satu tantangan IPNU yang sebenarnya adalah persoalan klasik, yaitu mendirikan komisariat di sekolah-sekolah di luar LP. Ma’arif NU. Menurutnya, pembentukan kantong-kantong kader di semua sekolah sangat penting untuk menjaga eksistensi ajaran-ajaran NU.
Namun, hingga kini, IPNU-IPPNU Jepara baru bisa masuk ke sekolah-sekolah itu hanya sebatas pengenalan-pengenalan.

“Ini yang jadi tantangan bersama. Kita masuk ke sekolah-sekolah di luar LP. Ma’arif NU baru sebatas memberi pelatihan-pelatihan. Tapi belum ada follow up nya. Jadinya belum bisa maksimal. Belum ada komisariat di sana,” kata Jelly, Minggu (11/4/2021).

Ke depan, lanjut Jelly, pihaknya akan mengoptimalkan peran pelajar NU di lingkungan sekolah-sekolah tersebut. Terutama rencana pembentukan komisariar-komisariat.
Meskipun demikian, pihaknya tidak serta-merta langsung membentuk komisariat. Melainkan lebih memilih menggaet pelajar-pelajar di sekolah tersebut untuk menjadi anggota IPNU-IPPNU.
Setelah dirasa cukup kuat, baru kemudian akan didirikan komisariat.

Jelly menambahkan, rata-rata organisasi yang ada di sekolah-sekolah tersebut masih didominasi oleh OSIS. Bagi dia, masuknya IPNU-IPPNU nantinya bukanlah sebagai kompetitor OSIS. Tetapi menjadi mitra dalam membangun visi pendidikan yang maju.

“Kami tidak akan menjadi pesaing bagi OSIS. Justru kami ingin bermitra dengan mereka. Saya ini lulusan SMKN 3 Jepara. Jadi paham bagaimana cara kami nanti masuk ke sana,” ujar Jelly yang merupakan kader dari PAC IPNU Kota Jepara.

Senada dengan Jelly, Diah W. R. Lilik, Ketua PC IPPNU Kabupaten Jepara terpilih, mengatakan bahwa salah satu visi utama kepengurusan periode ini adalah membentuk komisariat-komisariat di sekolah-sekolah di luar naungan LP Ma’arif NU.

Selain itu, dirinya juga tidak akan meninggalkan pentingnya menjaga soliditas dan kualitas kader-kader internal.

“Pembentukan komisariat di sekolah-sekolah itu memang jadi prioritas. Tapi bukan berarti kami tidak fokus pada kaderisasi di internal. Yang pasti kami akan memastikan kaderisasi pelajar NU di Jepara akan terus berjalan dan meningkat,” ujar Lilik, dalam kesempatan yang sama.

Reporter: Faqih Mansur Hidayat
Editor: Budi Erje

Comments
Loading...