Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Kenalkan Batik, Pemdes Janggalan Gelar Kursus Pelatihan Membatik Gratis

Siswi SMK 1 Kudus mengikuti pelatihan membatik yang digelar di Pasar Bungah. (MURIANEWS/Vega Ma’arijil Ula)

MURIANEWS, Kudus – Pemerintah Desa (Pemdes) Janggalan mengenalkan pelatihan membatik bagi pemula secara gratis. Pelatihan itu digelar bersamaan dengan kegiatan Pasar Bungah, RT 02, RW 01, Desa Janggalan, Kecamatan Kota, Kabupaten Kudus, Minggu (11/4/2021)

Pelatihan membatik secara gratis itu diikuti 54 siswi SMK 1 Kudus. Kegiatan itu sekaligus untuk menjaring bibit muda yang handal di bidang ketrampilan membatik.

Koordinator Pelatih Batik Desa Janggalan, Muhammad Fadloli, menjelaskan ada tahapan pelatihan membatik yang diberikan bagi para peserta. Pertama, peserta diajak membuat teknik dasar lewat pola yang ada di selembar kain putih.

Setelah gambar pola siap, dan dipahami, tahapan selanjutnya baru disampaikan. Dari tahapan menggambar pola, selanjutnya diberikan pelatihan mengenai cara mencanting. 

“Kami kenalkan yang dasar dulu. Plan awalnya, ya gambar sederhana seperti pola bunga ini. Kemudian dicanting. Setelah itu nanti kami ajarkan tahapan pewarnaan,” katanya, Minggu (11/4/2021).

Setelah pewarnaan, batik hasil siswi SMK 1 Kudus itu dikeringkan. Hasilnya akan diberikan kembali kepada siswi yang mengikuti pelatihan.

“Harapan kami kegiatan membatik ini bisa dilakukan terus menerus sebagai kegiatan pelestarian Batik Kudus dan Batik Janggalan,” harapnya.

Sementara itu, salah seorang siswi SMK 1 Kudus, Jumila Arabela menunjukan keseriusannya mengikuti pelatihan membatik ini. Menurutnya kegiatan membatik secara linier masih berhubungan dengan jurusan tata busana yang dipelajarinya di bangku sekolah.

“Saya memang ingin belajar membatik. Soalnya saya kan juga dari jurusan tata busana. Supaya bisa tahu juga tentang batik Kudus. Harapannya batik Kudus bisa terus berkembang,” ujarnya.

Reporter: Vega Ma’arijil Ula

Editor: Budi Erje

Comments
Loading...