Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Kembangkan Ekonomi Kerayakyatan, Desa Janggalan Gelar Pasar Bungah

Suasana Pasar Bungah, di Jaggalan, Kudus. (MURIANEWS/Vega Ma’arijil Ula)

MURIANEWS, Kudus – Pemerintah Desa Janggalan menggelar Pasar Bungah, Minggu (11/4/2021) di RT 02, RW 01, Desa Janggalan, Kecamatan Kota, Kabupaten Kudus. Pasar Bungah itu untuk dimaksudkan untuk mengembangkan ekonomi kerakyatan bagi masyarakat Desa Janggalan.

Dari pantauan MURIANEWS di lapangan, sepanjang gang, dari timur ke barat berjejer stand makanan. Mulai dari jajanan tradisional hingga makanan kekinian kesukaan generasi milenial di tawarkan. Seperti jajanan desa, sego godong jati, wedang roti, tahu walik, nasi pecel, papeda sempolan, dan lain-lainnya dijual warga.

Pasar Bungah yang digelar hari ini merupakan edisi kedua. Sebelumnya pada Minggu (4/4/2021) Pasar Bungah  juga sudah digelar. Menurut Kepala Desa Janggalan, Noor Azis, Pasar Bungah sebagai wadah untuk mengembangkan ekonomi kerakyakatan. Tujuannya agar pelaku UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) di Desa Janggalan dapat bergeliat.

“Pasar kan tempat bertemunya penjual dan pembeli. Bungah itu kan bahagia. Jadi di Pasar Bungah ini harapan kami baik penjual dan pembeli bisa bertemu dalam suasana Bahagia. Ini juga untuk meningkatkan imunitas, di tengah pandemi,” katanya, saat ditemui MURIANEWS, Minggu (11/4/2021).

Menurutnya, Pasar Bungah hanya diperuntukkan bagi masyarakat yang berdomisili di Desa Janggalan saja. Untuk hari ini ada 80 pelaku UMKM. Bahkan, Aziz menyampaikan ending dari Pasar Bungah ini untuk menciptakan desa yang mandiri dengan masyarakat sejahtera.

Pihaknya ingin membuktikan masyarakat kota yang selalu diidentikkan dengan masyarakat yang sulit guyub, dapat hidup rukun dan bergotong-royong.

“Di sini juga kami ingin buktikan bahwa masyarakat kota juga bisa guyub dan hidup bergotong-royong,” pungkasnya.

Penerapan protocol kesehatan juga menjadi bagian dari kegiatan ini. Semua pihak yang terlibat harus mematuhi protokol kesehatan.

Reporter: Vega Ma’arijil Ula

Editor: Budi Erje

 

Comments
Loading...