Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Popda Jateng Tanpa Sepak Bola dan Basket, Disdikpora Kudus: Padahal Lumbung Medali

Atlet Kudus berlatih basket beberapa waktu lalu. (MURIANEWS/Vega Ma’arijil Ula)

MURIANEWS, Kudus – Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) Jawa Tengah nonvirtual bakal digelar September 2021 di Semarang. Namun, tidak ada cabang olahraga sepak bola dan basket.

Padahal, dua cabang olahraga itu menjadi cabor unggulan bagi kontingen Kudus pada Polda Jateng 2019 lalu.

Dalam Popda Jawa Tengah nonvirtual yang akan digelar September mendatang, ada 10 cabang olahraga yang dipertandingkan. Terdiri dari atletik, tenis meja, tenis lapangan, voli indoor dan voli pantai. Kemudian, ada sepatu roda, bulu tangkis, petanque, takraw, dan panahan.

Kasi Pengembangan dan Pemberdayaan Olahraga (PPOR) Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga (Disdikpora) Kudus Widhoro Heriyanto mengatakan, belum bisa memastikan apakah kontingen Kudus akan mengikuti keseluruhan cabang olahraga nonvirtual itu.

Namun, dia tidak memungkiri jika tidak sepak bola dan basket merupakan lumbung medali bagi kontingen Kudus. Hal ini mengacu pada torehan medali bagi Kudus.

“Sepak bola dan basket tidak dipertandingkan. Padahal lumbung medali. Tapi ya tidak apa-apa karena saat ini kondisinya kan seperti ini akibat Covid-19,” katanya, Sabtu (10/4/2021).

Tahun 2019 lalu, torehan apik dicatatkan kontingen Kudus di sektor sepak bola dan basket. Cabang olahraga sepak bola di Popda Jawa Tengah 2019 lalu meraih peringkat tiga.

Sementara di tingkat SMP yang diwakili oleh SMP 3 Kudus juga meraih podium ketiga. Di cabang olahraga basket, basket putri SMA meraih peringkat dua.

“Sepak bola Kudus bisa dibilang diperhitungkan. Tapi saya percaya walaupun tidak ada sepak bola dan basket cabang olahraga lainnya saya yakin bisa menggantikan meraih medali,” terangnya.

Menurutnya ada beberapa cabang olahraga potensial yang bisa diharapkan meraih medali. Seperti panahan, voli pantai, bulu tangkis, petanque, tenis lapangan dan voli indoor.

 

Reporter: Vega Ma’arijil Ula
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...