Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Penerimaan Cukai di Bea Cukai Kudus Capai Rp 8,99 Miliar

Aktivitas produksi di salah satu perusahaan rokok di Kudus. (MURIANEWS/Anggara Jiwandhana)

MURIANEWS, Kudus – Penerimaan cukai pada triwulan pertama tahun 2021 yang berhasil diperoleh Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea Cukai (KPPBC) Tipe Madya Kudus mencapai Rp 8,99 miliar. Target penerimaan tahun 2021 sendiri, mencapai Rp 34,23 triliun.

Kepala KPPBC Tipe Madya Cukai Kudus Gatot Sugeng Wibowo mengatakan, perolehan pada triwulan pertama berhasil meningkat dari periode sebelumnya. Selain itu, juga berhasil berkontribusi pada terhadap target capaian penerimaan Kanwil Bea Cukai Jateng dan DIY.

“Di triwulan pertama ini, penerimaannya tumbuh sebesar 75,1 persen dibandingkan periode yang sama di tahun sebelumnya,” ucap Gatot Sabtu (10/4/2021).

Sementara untuk capaian penerimaan bea masuk, baru sekitar Rp 2,83 miliar. Atau turun sekitar 48,14 persen dari tahun sebelumnya. Sementara itu capaian penerimaan bea masuk sebesar Rp2,83 miliar atau turun 48,14 persen dari tahun ke tahun.

“Secara keseluruhan, proporsi capaian penerimaan triwulan pertama sebesar 26,28 persen,” sambung dia.

Gatot menambahkan, di tahun 2021 sendiri, pihaknya ditargetkan mengumpulkan penerimaan negara di bidang kepabeanan dan cukai yakni sebesar Rp 34,23 triliun atau 76,32 persen sendiri dari target tahunan Kanwil Bea Cukai Jateng dan DIY.

Sementara untuk target Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) secara nasional adalah sebesar 15,92 persen dari target tahunan. “Kami akan bekerja keras untuk mencapai target tersebut,” kata dia.

Pihaknya pun memastikan walau tengah dalam masa pandemi Covid-19, Bea Cukai Kudus akan tetap memaksimalkan fungsi pengawasan dan meningkatkan kinerja pelayanan. Tentunya, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Dari segi penindakan hasil pengawasan sendiri, pada triwulan pertama Bea Cukai Kudus telah berhasil melaksanakan 30 kali penindakan. Baik berupa penindakan bangunan, penindakan sarana pengangkut, maupun operasi pasar.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...