Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Resmi Jabat Bupati Kudus, Hartopo Siapkan Birokrasi Empat Sehat Lima Sempurna

HM Hartopo dilantik Gubernur Ganjar Pranowo sebagai Bupati Kudus. (MURIANEWS/Istimewa)

MURIANEWS, Kudus – HM Hartopo kini resmi menyandang status sebagai Bupati Kudus setelah sebelumnya berstatus pelaksana tugas (Plt) selama satu setengah tahun. Ketetapannya tersebut dia dapatkan setelah dilantik Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Jumat (9/4/2021).

Pelantikannya sendiri, dilaksanakan di Gedung Gradhika Bhakti Praja Semarang dengan protokol kesehatan ketat.  Hadir dalam pelantikan Wagub Jateng Taj Yasin Maimoen, serta unsur Forkopimda Kudus.

Usai dilantik, Bupati Kudus Hartopo menyampaikan komitmen untuk siap menyelenggarakan pemerintahan yang bersih, melalui reformasi birokrasi. Pihaknya bahkan menjanjikan reformasi hingga ke akar-akarnya.  Dengan begitu, masalah birokrasi bisa dibenahi dengan maksimal.

“Saya butuh empat sehat lima sempurna, jujur, disiplin, loyalitas, kemauan kerja tinggi, dan kepintaran SDM sebagai penyempurnanya. Akan kita pilih orang-orang yang mempunyai kriteria tersebut untuk memegang peranan yang seharusnya mampu mereka kerjakan,” katanya.

Selain itu, Hartopo menanggapi masalah Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) yang disampaikan gubernur. Dirinya mengaku siap menegakkan peraturan yang berlaku terkait keberadaan lahan hijau agar tak berkurang. Pasalnya, lahan hijau mempunyai fungsi vital dalam kelestarian lingkungan dan mitigasi bencana.

“Tata ruang untuk lahan hijau tidak boleh dikurangi lagi, karena Kudus termasuk kabupaten yang luas wilayahnya kecil. Maka, kalau ada bangunan-bangunan liar di lahan hijau, akan kita tertibkan,” katanya.

Bupati Hartopo bersama istri dalam acara penyambutan usai dilantik jadi bupati di Pendapa Kabupaten Kudus, Jumat (9/4/2021). (MURIANEWS/Anggara Jiwandhana)

Selain itu, Hartopo juga fokus memprioritaskan pemulihan ekonomi akibat dampak pandemi Covid-19 yang melanda Kabupaten Kudus.

“Fokus kami juga mengenai pemulihan ekonomi masyarakat yang kemarin terkena dampak covid, bagaimana cara kita memberdayakan masyarakat melalui Disperinkop dan UKM untuk UMKM kita agar mampu bangkit dengan inovasi yang menarik minat pasar,” ujarnya.

Di Kudus sendiri, puluhan karangan bunga sebagai ucapan selamat pun membanjiri halaman Pendapa Kabupaten Kudus saat Hartopo bersama para rombongan tiba di Pendapa usai menghadiri pelantikan.

Kepada awak media, Hartopo juga menyampaikan akan membangun Kabupaten Kudus dengan gagasan GASIK.

GASIK sendiri merupakan akronim dari Gerakan Aman, Sehat, Indah, dan Kreatif. Kudus GASIK, kata dia, akan dikonsep dengan menggandeng stakeholder dan wakil pengusaha untuk menata estetika wilayah di Kota Kretek.

“Gasik bagi saya adalah bersih-bersih. Jadi jangan sampai kota ini kotor dan bisa kelihatan cantik,” kata Hartopo.

Untuk menjalankan progam tersebut, lanjut dia, akan dibentuk tim dari berbagai organisasi perangkat daerah (OPD) terkait. Mulai dari Dinas PUPR, Dinas Budpar, dan Dinas PKPLH untuk mendesain semua jalan-jalan di depan perusahaan maupun rumah-rumah seputaran Kudus untuk bisa lebih indah lagi.

“Di situ kami minta ditata, nanti ada taman-taman, kami yang akan mensuport drainasenya, desain juga dari kami,” terangnya.

Pelaksanaannya sendiri, akan melibatkan seluruh unsur stakeholder dan semua perusahaan di Kota Kretek. Dengan begitu, progam tersebut tidak membebani APBD.

“Untuk yang pertama kita cicil dulu, di jalan seputaran Perempatan Panjang menuju arah Universitas Muria Kudus, nanti tokoh masyarakat hingga perusahaan-perusahaan kita panggil,” jelas Hartopo.

Usai dilantik di Semarang dan tiba di Kudus, Hartopo pun menyempatkan diri untuk berziarah ke makam Raden Tumenggung Harjo Dinegoro yang bergelar Raden Tumenggung Tjondro Negoro IV. Raden Tumenggung Harjo Dinegoro merupakan Bupati Kudus ke-IV dan dimakamkan di kompleks Masjid Agung Kudus.

Selain memanjatkan doa dengan khusuk, Hartopo juga melakukan tabur bunga sebagai penutup rangkaian acara.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...