Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Pangeran Philip Meninggal Dunia, Siapakah Dia?

Pangeran Philip dan Ratu Ellizabeth II. (suarabali.id/Instagram/@theroyalfamily)

MURIANEWS, London– Pangeran Philip yang meninggal dunia pada Jum’at (9/4/2021), adalah suami dari Ratu Elizabeth II, Ratu Inggris Raya. Dengan demikian dia adalah ayah dari Pangeran Charles, dan sekaligus kakek dari Pangeran Williams dan Pangeran Harry.

Pada masa mudanya, Pangeran Philip adalah seorang perwira angkatan laut yang terkenal karena tingkah laku dan humornya yang terkadang kasar. Sang duke akhirnya menikah Ratu Elizabeth II, pada tahun 1947 atau lima tahun sebelum Elizabeth diangkat menjadi Raja Inggris.

Duke, yang pensiun dari tugas publik pada 2017, terakhir terlihat di depan umum di kastil pada Juli 2020. Dia juga difoto Bersama Ratu Elizabeth pada November tahun lalu, sebagai bagian dari peringatan ulang tahun pernikahan mereka yang ke-73.

Berdasarkan garis keturunannya, Philip berasal dari kalangan bangsawan Eropa. Keluarga besarnya memiliki akar sejarah hingga abad kedua belas, dengan keturunannya yang telah menjadi penguasa di berbagai negara Eropa selama berabad-abad.

Kakeknya adalah seorang Raja Yunani dan kakek buyutnya adalah Raja Denmark, sehingga sebelumnya Philip merupakan seorang Pangeran Yunani dan Denmark secara silsilah. Pada Maret 1947, Philip menanggalkan statusnya sebagai pangeran dan dinaturalisasi menjadi warga Inggris.

Lalu pada November 1947, dia dinobatkan menjadi bangsawan Inggris dengan gelar Duke of Edinburgh. Ratu Elizabeth II kemudian menjadikan Philip sebagai Pangeran Britania Raya pada 1959.

Sebagai anggota dari angkatan laut Inggris, Philip telah turut serta dalam beberapa perang untuk membela Inggris. Sebagai suami Elizabeth, Philip turut serta mendampingi Elizabeth II dalam berbagai kesempatan.

Pemakaman Pangeran Philip, kemungkinan akan digelar dalam delapan hari mendatang. Sehari sebelum pemakaman, Duke Of Ednburgh kemungkinan akan diangkut ke Kapel St George.

Philip meninggalkan Ratu dan anak-anak mereka. Masing-masing  Pangeran Charles, Putri Anne, Pangeran Andrew dan Pangeran Edward. Selain itu juga meninggalkan delapan cucu dan 10 cicit.

Penulis: Budi Erje

Editor: Budi Erje

Sumber: suarabali.id, wikepedia

Comments
Loading...