Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Kartu Blora Mengaji Diluncurkan, Ribuan Ustaz dan Guru Agama Lain Disiapkan Insentif

Launching program Kartu Blora Mengaji. (MURIANEWS/Priyo)

MURIANEWS, Blora – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blora meluncurkan program Kartu Blora Mengaji, Jumat (9/4/2021). Sekertaris Jenderal Kementerian Agama Prof Nizar Ali hadir untuk ikut me-launching program ini Bersama Bupati Blora Arief Rohman.

Meski program ini bertajuk Blora Mengaji, namun sasarannya bukan hanya para santri dan ustaz atau guru Islam di lembaga nonformal saja. Tapi juga guru keagamaan lain.

“Ini sebagai salah satu upaya dalam pembangunan sektor rohani. Ini kami tujukan untuk guru madrasah diniyah, TPQ dan guru-guru ngaji lain, tidak hanya agama Islam tapi juga sekolah Minggu dan lainnya,” kata Arief Rohman.

Menurutnya, dengan kartu Blora Mengaji ini, nantinya insentif tahunan dari pemkab untuk para guru ngaji dan guru sekolah agama lain bisa masuk. Ia menyebut, saat ini nominalnya masih sedikit, yakni Rp 400 ribu setahun, namun ke depan akan diupayakan naik.

“Ke depan akan kita upayakan menjadi Rp 1 juta. Semoga saja anggarannya mencukupi. Untuk saat ini yang sudah terdata sekitar 8000-an guru calon penerima yang datanya kita ambil dari Kantor Kemenag Blora, kerja sama dengan Bagian Kesra Setda Blora,” jelasnya.

Ke depan, pihaknya juga ingin memperluas sasaran manfaat Kartu Blora Mengaji ini. Yakni pada hafiz-hafizah (para penghafal Al-Quran) dan imam masjid, serta pengasuh rumah ibadah lainnya untuk bisa diusulkan menjadi penerima.

“Selain untuk menyalurkan insentif tahunan, kita juga akan coba kemungkinan program ini untuk di-linkkan dengan BPJS Ketenagakerjaan dan bisa untuk mengambil kredit modal di Bank Jateng. Regulasinya akan kita pelajari untuk dikerja samakan nanti,” pungkas Bupati.

Sementara Sekjen Kemenag Prof Nizar Ali pun mengapresiasi program Blora Mengaji ini.

“Di tengah kondisi pandemi dan sosial politik seperti ini, program ini hadir menjadi salah satu solusi yang menentramkan hati. Blora luar biasa,” pungkasnya.

 

Kontributor: Priyo
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...