Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Sukun Samping
Sukun Samping

Dianggap Belum Urgen, Kerusakan Tiga Ekskalator di Pasar Kliwon Kudus Belum Dilakukan

Pengunjung menggunakan tangga di sisi ekskalator di Pasar Kliwon yang tidak lagi berfungsi. (MURIANEWS/Vega Ma’arijil Ula)

MURIANEWS, Kudus – Tiga ekskalator di Pasar Kliwon Kudus sudah cukup lama tak berfungsi. Sempat diperbaiki pada 2016 lalu, kondisi tiga ekskalator di Pasar Kliwon kembali tak berfungsi hingga saat ini.

Saat ini dari 27 pasar yang ada di Kudus, hanya Pasar Kliwon saja yang memiliki ekskalator. Namun, ketiga ekskalator itu tak berfungsi.

Pengamatan MURIANEWS di salah satu ekskalator yang terdapat di Pasar Kliwon, kondisinya mati. Pengunjung yang hendak lewat memilih menggunakan tangga yang ada di sisi ekskalator. Terkadang ada juga yang tetap melintas di atas ekskalator.

Hal yang sama juga terlihat di pintu masuk utama Pasar Kliwon. Di situ warga menggunakan tangga untuk naik ke lantai atas. Sesekali ada juga warga yang mencoba menaiki ekskalator yang tak berfungsi itu untuk ke lantai atas.

Sementara Koordinator Pasar Kliwon Kudus Sugito membenarkan jika ketiga ekskalator di Pasar Kliwon saat ini tidak berfungsi. Menurutnya warga saat ini menggunakan tangga untuk mobilisasi di area pasar.

“Ketiga ekskalator saat ini tidak berfungsi. Kalau mobilisasi ya menggunakan tangga,” ujarnya.

Kabid Pengelolaan Pasar Dinas Perdagangan Kudus Albertus Harys Yunanto mengatakan, tahun ini tidak ada anggaran perbaikan ekskalator. Pada tahun 2018 lalu, pihaknya pernah merinci besaran harga yang harus dikeluarkan untuk ketiga ekskalator itu.

“Sekitar Rp 800 juta. Kalau tahun ini pasti lebih besar lagi biayanya. Tapi tidak ada anggaran untuk perbaikan. Karena belum urgen,” katanya, Jumat (9/4/2021).

Harys menyebut, pengadaan ekskalator baru untuk tahun ini juga tidak ada. Hal ini lantaran adanya refocusing anggaran untuk penanganan Covid-19.

“Untuk tahun ini belum bisa dilakukan perbaikan. Tapi ketika nantinya ada anggaran, tentu harapannya bisa diperbaiki,” harapnya.

 

Reporter: Vega Ma’arijil Ula
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...