Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Sukun Samping
Sukun Samping

Kudus Diberi Lagi 4.000 Dosis Vaksin Covid-19, Dimaksimalkan untuk Lansia

Vaksin Covid-19 dari Sinovac. (MURIANEWS/Vega Ma’arijil Ula)

MURIANEWS, Kudus – Kabupaten Kudus mendapat tambahan alokasi vaksin sebanyak 400 vial atau sekitar 4.000 dosis penyuntikan vaksin Covid-19. Pendistribusiannya pun akan dilakukan pada Jumat (9/4/2021) hari ini.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kudus dr Andini Aridewi menyebutkan, 400 vial vaksin tersebut akan dimaksimalkan untuk vaksinasi sasaran lansia di Kota Kretek.

Sampai saat ini sendiri, lanjut dia, capaian vaksinasi pada golongan lansia baru menyentuh angka 13 persen saja dari jumlah sasaran sebanyak 68.901 orang. “Untuk jumlah vaksin tersebut memang akan dimaksimalkan untuk vaksinasi lansia,” ujar Andini, Jumat (9/4/2021).

Hanya saja, apabila ada sasaran prioritas lainnya, seperti guru maupun petugas publik lain, maka tetap akan disesuaikan. Terlebih menjelang persiapan sekolah tatap muka di bulan Juli mendatang.

“Tetap akan disesuaikan kebutuhan, sehingga bisa mencakup semua target kelompok,” kata dia.

Pihaknya pun menambahkan pelaksanaan vaksinasi dimungkinkan belum bisa rampung pada Lebaran mendatang. Mengingat Kabupaten Kudus juga masih bergantung pada pendistribusian vaksin oleh provinsi.

Walau demikian, semua fasilitas kesehatan di Kabupaten Kudus sudah sangat siap untuk melakukan vaksinasi. Sehingga apabila diminta untuk dikebut pelaksanaannya, disertai dengan suplai vaksin yang mumpuni, target bisa saja terselesaikan.

“Tetap kami berupaya semaksimal mungkin untuk mencapai target vaksinasi ini,” tandasnya.

Seperti diketahui, sasaran penerima vaksinasi di Kabupaten Kudus adalah sebanyak 127.063 orang dari berbagai kelompok. Rinciannya, tenaga kesehatan sebanyak 5.502 orang, pelayan publik sebanyak 52.660 sasaran, dan lanjut usia sebanyak 68.901 sasaran.

Pelaksanaan vaksinasi pada sejumlah kelompok sasaran di Kabupaten Kudus, dipastikan tetap jalan selama bulan puasa mendatang. Hanya memang, pelaksanaannya akan disesuaikan.

Termasuk di antaranya adalah jumlah sasaran dan kelompok penerima vaksin mana yang akan dilakukan proses vaksinasi.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...