Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Sukun Samping
Sukun Samping

Kudus Gelontorkan Rp 52,51 Miliar untuk Tunjangan Guru Swasta, Ini Rinciannya

Guru mengajarkan anak cara cuci tangan yang baik. (MURIANEWS/Yuda Auliya Rahman)

MURIANEWS, Kudus – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kudus akan menggelontorkan anggaran sebesar Rp 52,51 miliar untuk progam tunjangan kesejahteraan guru swasta (TKGS) pada tahun 2021. Pencairannya akan dilakukan tiap bulan hingga akhir tahun nanti.

Kepala Badan Pengelolaan Pendapatan, Keuagan, dan Aset (BPPKAD) Kabupaten Kudus Eko Djumartono merincikan, anggaran tersebut terdiri dari guru PAUD sebesar Rp 7,81 miliar, guru SD sebesar Rp 5,66 miliar, guru SMP sebesar Rp 1,79 miliar, dan guru madrasah sebesar Rp37,23 miliar.

“Progam ini adalah progam skala prioritas dari Pemkab Kudus, jadi walau ada refocusing masih aman,” katanya, Jumat (9/4/2021).

Untuk pencairannya, sambung Eko, akan disalurkan melalui dua dinas. Yakni Dinas Pendidikan, Kepemudaan, dan Olahraga (Disdikpora) Kudus yang akan mencairkan tunjangan guru swasta.

“Sementara untuk guru madin dan TPQ, akan dicairkan oleh Bagian Kesra, Setda Kudus,” jelas dia.

Sementara Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pendidikan, Kepemudaan, dan Olahraga Kabupaten Kudus Harjuna Widada menjelaskankan, jumlah penerima bantuan di bawah Disdikpora Kudus tercatat sebanyak 2.726 guru.

Pencairannya sendiri, kata dia, memang baru dilakukan satu kali. Namun jumlah yang dicairkan dirapel dua bulan yakni Januari dan Febuari.

Sementara untuk bulan Maret, akan dicairkan bulan ini. “Sampai seterusnya hingga akhir tahun,” kata dia.

Sementara untuk nominalnya, lanjut dia, masing-masing guru akan menerima nominal yang berbeda. Yakni berkisar di Rp 350.000 hingga Rp 1 juta. Tergantung lamanya masa mengabdi.

Kalaupun ada pemotongan, kata dia, untuk pemotongan pajak sehingga masing-masing guru menerima bantuan tersebut setelah ada pemotongan pajak.

Kepala Bagian Kesra Setda Kudus Safii mengatakan, tunjangan guru madin, guru MI, MTs, MA ataupun guru dari sekolah swasta nonIslam di Kudus sudah cair.

Untuk jumlah penerimanya, kata dia, pada tahun 2021 tercatat sebanyak 6.861 orang. Meliputi guru madin, guru MI, MTs, dan MA ataupun guru dari sekolah swasta nonIslam.

“Untuk jumlah anggaran yang disiapkan sebesar Rp 37,23 miliar,” jelasnya.

Untuk diketahui, TKGS merupakan janji kampanye pasangan Tamzil- Hartopo. Nominal penerimaan awal masing-masing guru adalah senilai Rp 1 juta per bulannya. Kemudian pada tahun kedua pelaksanaannya, diturunkan menjadi Rp 350 hingga Rp 1 juta per bulannya.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...