Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Sukun Samping
Sukun Samping

Soal Lansia Meninggal Usai Vaksinasi Covid, DKK Jepara Masih Lakukan Investigasi

Vaksin Sinovac. (MURIANEWS/Vega Ma’arijil Ula)

MURIANEWS, Jepara – Seorang lansia bernama Masini (66) di Desa Teluk Wetan, Kecamatan Welahan, Kabupaten Jepara meninggal usai menjalani vaksinasi Covid 19. Hingga saat ini, Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Jepara masih melakukan investigasi terkait penyebab kematian tersebut.

Masini meninggal dunia pada Rabu (7/4/2021) dini hari, sekitar pukul 03.00 WIB. Masini menjalani vaksinasi Covid-19 pada Selasa (6/4/2021).

Menanggapi hal ini, Sekertaris DKK Jepara Muh Ali mengatakan, pihaknya masih melakukan penelusuran riwayat penyakit. Pihaknya sudah menurunkan tim untuk menelusuri sebab kematian itu.

“Kami sudah diskusikan di internal.  Sudah kami terjunkan tim untuk mendeteksi riwayat penyakitnya. Termasuk jika pernah berobat, kita telusuri pernah berobat ke mana-mana saja,” jelas Muh Ali, Kamis (8/4/2021) sore.

Muh Ali, Sekretaris Dinas Kesehatan Jepara. (MURIANEWS/Faqih Mansur Hidayat)

Meskipun belum berani mengungkapkan penyebab kematian itu, untuk sementara Muh Ali menduga karena komorbit lantaran usianya sudah lanjut. Namun, pihaknya akan berpegang pada hasil investigasi.

Muh Ali memperkirakan, proses investigasi tersebut akan memakan waktu paling tidak dua hari. Untuk itu, pihaknya berharap agar masyarakat tidak berasumsi macam-macam.

Baca: Lansia di Teluk Wetan Jepara Meninggal Usai Jalani Vaksinasi Covid-19

Terkait dengan ketakutan vaksinasi di masyarakat, Muh Ali menegaskan bahwa vaksinasi Covid-19 tidak berbahaya. Oleh karena itu, diharapkan masyarakat yang sudah terdata sebagai penerima vaksin tetap bersedia divaksin.

“Kalau kita lihat, persentase (kematian akibat vaksin) sangat sedikit. Kalau pun meninggal, belum tentu karena vaksin yang sudah disuntikkan. Ada banyak faktor,” tegas Muh Ali.

Sebelumnya diberitakan, seorang lansia bernama Masini tak sadarkan diri dan meninggal dunia pada Rabu (7/4/2021) dini hari, sekitar pukul 03.00 WIB. Sebelum meninggal, sekitar pukul 21.30 WIB, Masini sempat mengalami sakit kepala dan muntah-muntah. Padahal, sebelum insiden itu kondisinya masih bugar.

Reporter: Faqih Mansur Hidayat
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...