Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Buat Deteksi Aksi Jahat, Pasar Kliwon Kudus Butuh Lebih Banyak Kamera Pengawas

Petugas Pasar Kliwon menunjukkan salah satu CCTV yang terdapat di area pasar. (MURIANEWS/Vega Ma’arijil Ula)

MURIANEWS, Kudus – Pasar Kliwon Kudus saat ini sudah memiliki 64 unit kamera pengawas atau CCTV. Jumlah itu dirasa masih kurang, untuk memantau aktivitas di pasar terbesar di Kudus tersebut.

Sebanyak 64 CCTV itu dipasang di pintu masuk yang ada di Pasar Kliwon. Namun, jumlah tersebut dirasa kurang. Sebab, Pasar Kliwon terbilang luas. Luasan Pasar Kliwon ada 27.281 meter persegi.

Diketahui di Pasar Kliwon juga terdapat 538 kios, 2.012 los, delapan blok, dan 35 ruko. Sehingga 64 unit yang ada dirasa belum mumpuni. Terlebih untuk memantau jika ada aksi kejahatan.

Koordinator Pasar Kliwon Sugito mengatakan, setidaknya pasar tersebut membutuhkan lagi 100 unit lagi kamera pengawas.

“CCTV yang ada saat ini itu sudah terpasang sejak 2017. Setelah itu sampai sekarang belum ada penambahan CCTV lagi,” katanya kepada MURIANEWS, Kamis (8/4/2021).

Menurut Sugito, ada atau tidaknya penambahan CCTV bergantung pada ketersediaan anggaran. Untuk tahun ini dia belum tahu.

“Kami sebenarnya masih perlu tambahan CCTV. Karena sangat membantu dari segi keamanan. Kalau malam petugas kami kan juga terbatas,” terangnya.

Menurut Sugito, total 64 CCTV itu 25 di antaranya dipasang di pintu masuk pasar. Sisanya tersebar di los dan kios Pasar Kliwon.

“Kami masih butuh tambahan CCTV. Supaya keamanan bisa terjamin dan kejahatan bisa terdeteksi. Setidaknya bisa meminimalisir dan membantu kami,” pungkasnya.

Sementara itu, Kabid Pengelolaan Pasar Dinas Perdagangan Kudus Albertus Harys Yunanto mengaku masih menunggu ketersediaan anggaran terkait penambahan CCTV di area pasar. Pasalnya saat ini masih ada refocusing anggaran terkait penangan Covid-19.

“Masih menunggu finalisasi refocusing anggaran Covid-19. Tapi memang untuk Pasar Kliwon yang saat ini ada 64 CCTV itu masih kurang,” terangnya.

Menurut Harys idealnya Pasar Kliwon tersedia 150 sampai 200 CCTV. Namun, dia belum dapat memastikan kapan anggaran untuk CCTV tersedia.

“Intinya kami masih menunggu dulu. Kalau misal nanti ada anggarannya, rencananya kami juga berniat pasang di Pasar Jember dan Pasar Piji,” pungkasnya.

 

Reporter: Vega Ma’arijil Ula
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...