Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Peringati Hari Jadi, Para Pejabat Ziarah ke Makam Leluhur Jepara

Bupati Jepara dan Jajarannya ziarah di makam Pangeran Syarif. (MURIANEWS/Faqih Mansur Hidayat)

MURIANEWS, Jepara – Hari ini Kabupaten Jepara mulai memperingati Hari Jadi ke- 472. Sebagai pembuka, forum komunikasi pimpinan daerah (forkopimda) menziarahi makam-makam leluhur yang menjadi cikal bakal Kota Ukir.

Sejak pagi, Bupati Jepara Dian Kristiandi dan jajarannya ziarah di Makam Mbah Panggang, Pangeran Syarif, Makam Gedong Bapangan, Makam Citrosoemo Sendang, Makam Mantingan, dan terakhir di Makam Mbah Daeng Krapyak.

Dian Kristiandi menyatakan, ziarah ini merupakan tradisi yang selalu diselenggarakan tiap kali Jepara memperingati hari jadi. Tujuannya tidak lain adalah untuk mengingat peran dan keteladanan leluhur tersebut dalam menjalankan pemerintahan Jepara sejak dulu.

“Ziarah ini pasti rutin tiap hari jadi. Tentu supaya kita tetap Ingan leluhur kita sendiri,” ujarnya, Kamis (8/4/2021).

Biasanya, kata Andi, saat peringatan hari jadi, selalu digelar dengan meriah. Namun, lantaran masih diselimuti pandemi, selama dua momen besar sejak tahun lalu ini dibuat sangat sederhana. Tak ada pentas budaya ata karnaval besar-besaran.

“Karena kita tahu semua, pandemi masih berlangsung. Jadi kita tidak rayakan dengan ramai-ramai. Cukup kita ziarah saja,” imbuh Andi.

Selain ramai-ramai perayaan, Hari Jadi Kabupaten Jepara juga biasanya ditandai dengan penggantian luwur atau kain penutup Makam Sultan Hadlirin di Mantingan. Rencananya, penggantian luwur ini akan dilaksanakan besok siang pukul 14.00 WIB.

 

Reporter: Faqih Mansur Hidayat
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...