Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Lansia di Teluk Wetan Jepara Meninggal Usai Jalani Vaksinasi Covid-19

Petinggi Teluk Wetan Budi Santosa dan rombongan saat melayat di rumah lansia yang meninggal usai vaksinasi. (MURIANEWS/Istimewa)

MURIANEWS, Jepara – Kabar duka datang dari Desa Teluk Wetan, Kecamatan Welahan, Kabupaten Jepara. Salah satu perempuan lanjut usia (lansia) meninggal dunia setelah menjalani vaksinasi Covid-19.

Budi Santosa, Petinggi Teluk Wetan membenarkan kabar tersebut. Warganya yang meninggal yaitu Masini (60-an), warga RT 14/RW 2.

Masinah merupakan salah satu dari 30 lansia dari Desa Teluk Wetan yang terdata sebagai penerima vaksin. Sebelum divaksin, Masini lolos skrining oleh petugas.

Budi menjelaskan, Masini divaksin untuk dosis pertama pada Selasa (6/4/2021), kemarin. Setelah disuntik vaksin Sinovac dosis pertama di Puskesmas Welahan I, tidak ada tanda-tanda efek samping yang cukup serius.

Bahkan, Masini masih sempat salat isya berjemaah di musala yang berjarak 200 meter dari rumahnya.

“Kalau melihat jarak tempuh rumah ke musala itu, saya pikir berarti kondisinya masih sehat. Dan dari pihak keluarga juga mengatakan begitu,” ujar Budi, saat dihubungi MURIANEWS melalui sambungan telepon, Rabu (7/4/2021).

Namun, lanjut Budi, sekitar pukul 21.30 WIB, Masini mengalami sakit kepala sampai muntah-muntah. Setelah itu dia tak sadarkan diri.

Sayangnya, pihak keluarga tidak melaporkannya kepada RT atau perangkat desa secara langsung. Sebab, mereka beranggapan bahwa Masini tidak mengalami sakit serius.

”Pukul 21.30 WIB itu kata keluarga, Masini merasa pusing. Nggeliyeng,” terang Budi.

Budi mengungkapkan, Masini tak sadarkan diri sampai sekitar pukul 03.00 WIB dini hari tadi. Hingga pihak keluarga menyadari bahwa Masinah sudah meninggal dunia.

Setelah mengetahui Masini meninggal, Budi kemudian melaporkannya kepada Kepala Puskesmas Welahan I.

Baca: Soal Lansia Wafat Usai Vaksinasi Covid, DKK Jepara Masih Lakukan Investigasi

Lantaran belum puas dengan jawaban yang diterima, dirinya menghubungi Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Jepara. Akhirnya Budi diperintahkan untuk melayat ke rumah duka lengkap dengan Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam) dan Puskemas Welahan I.

“Pihak keluarga menerima dengan ikhlas dengan meninggalnya Masini. Sebab, mereka percaya bahwa kematian bisa terjadi dengan beribu cara. Kebetulan, almarhumah meninggal setelah divaksin,” imbuh Budi.

Terkait dengan kelanjutan proses vaksinasi, Budi dan Frokopimcam sudah mensosialisasikan kepada masyarakat agar tidak takut dengan vaksin. Sebab, menurutnya vaksin tetap aman. Buktinya, dirinya tetap baik-baik saja meskipun sudah divaksin.

 

Reporter: Faqih Mansur Hidayat
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...