Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Bawaslu Jepara Gandeng Desa Clering Sebagai Mitra Pengawas Pemilu

Peresmian Desa Clering sebagai desa pengawas Pemilu. (MURIANEWS/ Faqih Mansur Hidayat)

MURIANEWS, Jepara – Bawaslu Kabupaten Jepara kembali meresmikan desa mitra bertajuk Desa Pengawasan Pemilu. Desa Clering, Kecamatan Donorojo menjadi desa kelima yang digaet Bawaslu untuk mejaga kenyamanan pemilu.

Ketua Bawaslu Jepara Sujiantoko, mengajak masyarakat untuk bersama-sama melakukan pengawasan pemilu atau pilkada. Hal ini untuk meningkatkan partisipasi sebagai pendorong mewujudkan pemilu berjalan dengan aman lancar, kondusif, jujur, bermartabat dan berintegritas.

”Kami meyakini warga Desa Clering dapat menjadi pemilih yang baik yang sesuai hati nurani tidak ada embel-embel apapun. Serta dapat mengawasi proses demokrasi kita,” kata Sujiantoko, Rabu (7/4/2021).

Terkait dengan pemilihan Desa Clering, Sujianto menilai bahwa desa ini berada di perbatasan antara Jepara dan Pati. Yang tentunya memiliki perbedaan kebudayaan dan kebiasaan laku masyarakat.

Sujiantoko mengungkapkan, bahwa Petinggi Desa Clering Ahmad Nasuri adalah mantan Pengawas Desa Clering sejak tahun 2009-2019. Hal ini menjadi alasan lebih Bawaslu memilih Clering sebagai desa mitra.

Pada tahun 2021 nanti, pihaknya menargetkan delapan desa mitra terdiri dari empat desa pengawasan dan empat desa anti politik uang. Total pada tahun 2021 pihaknya menargetkan sudah 14 desa mitra di Jepara.

Sementara itu Petinggi Clering Ahmad Nasuri menyampaikan pihaknya siap kerja sama dengan Bawaslu Jepara. Ia mengaku mempunyai pengalaman sebagai pengawas desa dan kehadiran Bawaslu Jepara dapat menggembleng masyarakat selangkah lebih maju dalam mengetahui aturan-aturan pemilu.

 

Reporter: Faqih Mansur Hidayat
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...