Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Vaksinasi Bergulir, Jumlah Pasien Covid-19 di RSUD RA Kartini Jepara Menurun

Salah satu tenaga kesehatan sedang melakukan vaksinasi Covid-19 ke pelayan publik. (MURIANEWS/ Faqih Mansur Hidayat)

MURIANEWS, Jepara – Angka kasus Covid-19 di Jepara, khususnya pasien yang dirawat di RSUD RA Kartini semakin hari terus menurun. Penurunan ini ditengarai salah satunya karena telah dilaksanakannya vaksinasi Covid-19.

Berdasarkan data di portal corona.jepara.go.id, saat ini ada 45 warga Jepara yang dirawat sebagai pasien Covid-19. Dari jumlah tersebut, sebanyak 26 orang dirawat di rumah sakit di luar daerah. Sementara sisanya, 19 orang dirawat di enam rumah sakit yang ada di Jepara.

Direktur RSUD Kartini Jepara, Dwi Susilowati, menyebut per hari ini hanya ada 10 pasien Covid 19 yang dirawat di rumah sakit yang ia pimpin. Padahal, sebelum adanya vaksinasi, kamar khusus bagi pasien Covid-19 selalu penuh.

Susi mengatakan, selama masa pandemi ini, pihaknya menyediakan tiga blok dengan 38 kamar tidur khusus. Penurunan pasien ini terlihat sejak Februari 2021 lalu. Atau sejak vaksinasi mulai dijalankan.

“Sebelumnya tiga blok covid selalu penuh. Mulai Februari (jumlah pasien covid dirawat) turun,” ujar Susi Rabu, (7/4/2021).

Susi berpendapat, program vaksinasi tidak hanya berdampak pada penurunan jumlah pasien Covid-19 yang dirawat. Melainkan juga diiringi dengan penurunan paparan kasus Covid-19 di lingkungan rumah sakit.

Sampai sekarang, hanya ada satu tenaga kesehatan yang terkonfirmasi positif Covid 19. Masa isolasinya pun hampir selesai.

“Setelah vaksinasi ada satu (tenaga kesehatan) yang terpapar, tapi itu kami pastikan bukan (terpapar) di sini (rumah sakit) karena yang bersangkutan baru saja pulang dari tugas luar kota berhari-hari,” jelas Susi.

Kendati sudah divaksin, Susi tetap memperketat pelaksanaan protokol kesehatan bagi seluruh karyawan RSUD Kartini Jepara. Baik di dalam rumah sakit maupun di tempat umum

 

Reporter: Faqih Mansur Hidayat
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...