Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Semua Sekolah di Kudus Diharapkan Bisa Mulai Tatap Muka Pada Juli 2021

Plt Kepala Disdikpora Kudus Harjuna Widada meninjau pelaksanaan uji coba PTM di SMP 1 Jekulo. (MURIANEWS/Yuda Auliya Rahman)

MURIANEWS, Kudus –  Plt Kepala Dinas Pendidikan, Kepemudaan, dan Olahraga (Disdikpora) Kudus Harjuna Widada mengharapkan tidak ada kendala selama uji coba pembelajaran tatap muka (PTM) di Kudus. Sehingga saat tahun ajaran baru nanti, PTM sudah bisa mulai digelar di semua sekolah di Kota Kretek.

“Karena Menteri Pendidikan sudah menginstrukskan atau memberi lampu hijau PTM dilaksanakan pada tahun ajaran baru pada Juli 2021. Semoga bisa bisa berjalan nanti, ” katanya, di sela-sela meninjau uji coba PTM di SMP 1 Jekulo, Selasa (6/4/2021).

Setelah pelaksanaan uji coba PTM, lanjut dia, pihaknya akan melaporkan hasil dari uji coba yang dilaksanakan setelah dua pekan kepada Pemerintah Provinsi Jawa Tengah. Kemudian, hasil evaluasi akan menentukan kelanjutan PTM selanjutnya.

“Setelah kami laporkan, akan ada evaluasi. Dan mudah-mudahan uji coba PTM ini lancar dan tidak ada kendala, agar uji coba PTM ini bisa terus ditambah jumlah siswa ataupun jumlah sekolahnya, ” ujarnya.

Baca: SKB Empat Menteri Perintahkan Juli Semua Sekolah Sudah Buka PTM, Ganjar: Jateng Siap

Senada, Kepala MTsN 1 Kudus Taufiq Hidayat juga berharap agar PTM bisa kembali digelar pada tahun ajaran baru Juli 2021. Meski dengan ketentuan dan kebiasaan yang baru dengan protokol kesehatan ketat yang harus dijalankan.

“Meski hanya mungkin 50 persen bergantian atau seperti apa nanti penerapannya.  Pastinya harus dengan protokol kesehatan yang ketat. Bisa juga misal jam dipangkas misal satu jam pelajaran awalnya 45menit dibuat 30 menit,” ungkapnya.

Pihaknya sendiri sudah melakukan sejumlah persiapan sarana prasarana pendukung PTM. Guru hingga tenaga pendidik di sekolahanya pun telah usai melakukan vaksinasi Covid -19.

“Di sini (MTsN 1 Kudus) juga sudah ada Satgas yang memastikan protokol kesehatan harus tetap terjaga, ” imbuhnya.

Baca: Tiga Sekolah di Kudus Baru Gelar Uji Coba PTM Hari Ini

Sementara orang tua wali SMP 1 Jekulo Mustaqim menyebut, sangat mendukung jika PTM mulai digelar. Sebab, putranya sendiri sudah merasa jenuh selama pembelajaran daring yang sudah berlangsung cukup lama ini.

“Bagus, tidak apa-apa tatap muka. Yang penting protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah dijalankan. Daring agak susah, dan setiap libur anak saya selalu saya ajak refresihing agar tidak bosan dan jenuh terlalu banyak tugas dari daring itu, ” pungkas warga Desa Hadipolo, Kecamatan Jekulo, Kabupaten Kudus, itu.

 

Reporter: Yuda Auliya Rahman
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...