Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Haryanto Ancam Pecat Panitia Pilkades di Pati yang Tak Netral

CAPTION: Bupati Pati Haryanto saat monitoring persiapan pilkades di Desa Trikoyo, Kecamatan Jakenan. (MURIANEWS/Cholis Anwar)

MURIANEWS, Pati – Pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak saat ini sudah memasuki tahapan kampanye para calon. Pada tahap ini, Bupati Pati Haryanto berpesan kepada para panitia pilkades agar selalu bersikal netral.

Bahkan, pihaknya tak segan akan memberhentikan panitia pilkades apabila ikut terlibat dalam kampanye calon. Sebab menurutnya, hal itu sama halnya dengan membuat suasana pilkades tidak konduaif.

“Panitia tidak boleh berpihak. Tidak boleh jadi juru kampanye. Sudah saya sampaikan ke Panwas, panitia yang tidak netral langsung berhentikan, tidak usah mengundurkan diri. Sebab salah satu penyebab suasana tidak kondusif itu panitia yang tidak netral,” katanya, Selasa (6/4/2021).

Menurutnya, masa kampanye ini memang harus mendapatkan perhatian ketat. Termasuk dari aparat keamanan.

Para calon juga tidak diperbolehkan untuk mengerahkan massa. Apalagi, situasinya masih pandemi Covid-19.

“Aturannya tidak boleh pawai, tidak boleh mengerahkan massa. Sejauh ini sudah ditaati. Kalau mengerahkan massa, sesuai pakta integritas, nanti ada sanksi,” ujarnya.

Dirinya juga meminta agar para calon, panitia Pilkades, dan masyarakat untuk tetap menjaga persatuan dan keharmonisan. Dia berharap, Pilkades tidak menimbulkan perpecahan di tengah masyarakat.

“Sebab, kalau sudah berseteru akibat Pilkades, mendamaikannya tidak mudah. Ibarat menyatukan gelas yang sudah retak. Sulit,” terangnya.

Sedangkan untuk kades terpilih nantinya bisa mengayomi seluruh masyarakat di desanya, tanpa membedakan-bedakan antara pendukungnya dan yang tidak. “Setelah Pilkades, kita semua kembali satu, sesama masyarakat desa,” tandasnya.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...