Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Supaya Tak Ada Kecurangan, Timbangan Pedagang Pasar di Kudus Ditera Ulang

Petugas melakaukan tera ulang timbangan pedagang di Pasar Kliwon, Kudus. (MURIANEWS/Vega Ma’arijil Ula)

MURIANEWS, Kudus – Dinas Perdagangan Kudus melakukan cek ulang atau tera ulang timbangan milik pedagang pasar tradisional. Tera ulang itu untuk meminimalisir adanya kecurangan. Sehingga tidak ada produsen maupun konsumen yang dirugikan.

Pengamatan MURIANEWS di Pasar Kliwon Kudus, timbangan dicek dan diservis. Tujuannya supaya timbangan tetap normal dan tidak berat sebelah. Sehingga tidak ada pihak yang dirugikan.

Diketahui, pengecekan timbangan ini merupakan kegiatan yang dilakukan setahun sekali. Kegiatan tera ulang timbangan ini biasanya dilakukan di awal tahun.

Kasi Promosi dan Perlindungan Konsumen Dinas Perdagangan Kudus Atok Darmo Broto menyampaikan sejauh ini sudah ada enam pasar di Kabupaten Kudus yang dilakukan tera ulang timbangan.

Selasa (6/4/2021) hari ini jadwal tera ulang dilakukan di Pasar Kliwon Kudus. Kegiatan tera ulang timbangan akan berlanjut kembali ke pasar lainnya usai Lebaran.

“Yang sudah itu Pasar Burung, Pasar Brayung, Pasar Piji, Pasar Kalirejo, Pasar Mijen, dan Pasar Kliwon. Setelah Lebaran nanti Pasar Bitingan, dan Pasar Jekulo. Karena saat puasa kami off dulu,” katanya saat ditemui di Pasar Kliwon.

Menurutnya, sejauh ini kondisi timbangan yang ditera ulang sudah bagus walaupun masih perlu servis sedikit. Selain itu menurut Atok kesadaran dari masing-masing pedagang di pasar untuk memperhatikan kondisi timbangan sudah bagus.

“Intinya kami ingin di semua pasar tertib ukur. Sehingga tidak ada yang dirugikan,” harapnya.

 

Reporter: Vega Ma’arijil Ula
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...