Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Tiga Sekolah di Kudus Baru Gelar Uji Coba PTM Hari Ini

Uji coba pembelajaran tatap muka di SMPN 1 Jekulo Kudus. (MURIANEWS/Yuda Auliya Rahman)

MURIANEWS, Kudus – Tiga sekolah di Kudus, yakni SMP 1 Jekulo, MTsN 1 Kudus, dan MA NU Banat Kudus baru mulai melakukan uji coba pembelajaran tatap muka (PTM), Selasa (6/4/2021) hari ini. Setelah sebelumnya tiga sekolah tersebut menunda uji coba PTM, lantaran menunggu proses vaksinasi Covid-19 untuk para guru selesai.

Dari pantauan MURIANEWS, di SMP 1 Jekulo dan MTsN 1 Kudus terlihat sejumlah siswa sumringah mengikuti uji coba PTM dengan menerapkan protokol kesehatan ketat. Sejumlah guru pun nampak berjaga untuk memastikan semua siswa tertib dan taat protokol kesehatan.

Plt Kepala SMP 1 Jekulo Sujarwo mengatakan, sebanyak 108 siswa dari kelas VII, kelas VIII, dan kelas IX mengikuti PTM kali ini. Seluruh siswa menurutnya sangat antusias menyambut pelaksanaan uji coba PTM.

“Hari ini baru kami gelar uji coba PTM. Karena kemarin guru dan tenaga pendidik baru divaksin yang kedua. Alhamdulillah semuanya lancar, para siswa dan guru menerapkan protokol kesehatan yang ketat, tidak ada siswa yang absen, ” katanya, Selasa (6/4/2021).

Siswa yang masuk, lanjut dia, tak hanya diwajibkan memakai masker. Melainkan, juga memakai face shild yang diberikan dari Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga (Disdikpora) Kudus.

“Semua siswa juga kami bekali hand sanitizer satu persatu. Saat masuk cek suhu hingga cuci tangan juga wajib, setelah itu baru masuk kelas sesuai dengan jarak yang sudah diatur. Besok pagi pun kami beri masker baru lagi ke siswa, ” ungkapnya.

Sementara Kepala MTsN 1 Kudus Taufiq Hidayat menyatakan, pihaknya hanya menghadirkan 94 siswa dalam uji coba PTM, yang rumahnya dekat dengan lokasi sekolah.

“Sebenarnya ada 96 siswa kelas VII dan VIII. Tapi yang dua tidak diizinkan, dan orang tuanya tidak bisa mengantar, karena kami tidak memperbolehkan memakai kendaraan umum. Izin orang tua juga perlu, ” jelasnya.

Dalam pelaksanaanya, MTsN 1 Kudus juga senada dengan sekolahan lain yang menggelar uji coba PTM. Hanya dengan durasi waktu maksimalnya dua jam. Setiap mata pelajaran, hanya berdurasi 30 menit tanpa ada jam istirahat.

“Kami ada satgas sendiri, tempat cuci tangan, sabun, tisu  dan kami semprot disinfektan setelah dan sebelum uji coba PTM, ” ucapnya.

Baca: Uji Coba PTM Tiga Sekolah di Kudus Hari Ini Ditunda

Siswa yang hadir, lanjut dia, seluruhnya harus dalam kondisi sehat. Gurunya pun juga berlaku sama, bagi yang kurang sehat atau sakit tidak diperbolehkan masuk atau WFH.

“Guru yang belum vaksin juga sama, karena ada yang hamil kami persilahkan untuk WFH, ” pungkasnya.

Sebelumnya, SMK Wisuda Karya, dan SMA 1 Bae Kudus sudah mulai melakukan uji coba PTM serentak se-Jawa Tengah, pada Senin (5/4/2021). Sementara, SMP 1 Jekulo, MTsN 1 Kudus dan MA NU Banat memilih untuk menunda pelaksanaan PTM lantaran menunggu proses vaksinasi kedua.

 

Reporter: Yuda Auliya Rahman
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...