Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Ganjar Terperanjat Tahu Laporan Siswa Ikut Uji Coba PTM Pakai Foto Selfie

Gubernur Ganjar memantau siswa yang mencuci tangan sebelum mengikuti uji coba PTM di Kota Semarang. (MURIANEWS/Istimewa)

MURIANEWS, Semarang – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo Kembali melakukan pengawasan pelaksanaan uji coba pembelajaran tatap muka (PTM) di hari kedua, Selasa (6/4/2021). Ganjar melakukan pengawasan sambil gowes di MTs Negeri 1 dan MAN 1 Kota Semarang.

Di MTs Negeri 1 Kota Semarang menemukan hal yang cukup mengejutkan. Yakni soal siswa harus mengirim laporan ke guru dengan foto selfie.

Laporan itu harus dikirimkan siswa ketika sampai rumah. Siswa harus diantar dan dijemput orang tua, dan tidak boleh keluyuran usai pulang sekolah.

Selfie-nya itu setelah sampai di rumah, mereka juga sudah harus mandi dan ganti baju. Jadi selfie itu nanti jadi bukti kalau siswa benar-benar sudah sampai rumah tidak mampir,” kata Asroni, Kepala MTs N 1 Kota Semarang kepada Ganjar.

Mendengar itu, Ganjar terperanjat. Dia pun langsung masuk ke ruang kelas 8A yang saat itu sudah terdapat sejumlah siswa.

Kepada para siswa, Ganjar bertanya perasaan mereka tentang PTM ini dan semuanya kompak menjawab senang bisa bersekolah kembali.

“Sekarang coba pak Gubernur tanya, bagaimana prokesnya? Kamu datang ke sekolah terus gimana coba jelasin ke pak Ganjar,” tanya Ganjar pada salah satu siswa.

Salah satu siswa menjelaskan mulai dari cek suhu saat tiba di sekolah, cuci tangan dan rajin pakai hand sanitizer. Namun saat ditanya soal protokol ketika pulang sekolah, beberapa siswa yang berani menjawab masih lupa dengan salah satu kebijakan yakni mengirimkan selfie untuk laporan.

Meski sudah diberi petunjuk oleh beberapa guru, siswa ternyata tidak mengingat. Hal ini pun jadi catatan Ganjar kepada para guru. Menurutnya, perlu ditegaskan kembali soal aturan-aturan selama PTM di masa pandemi.

“Bapak-ibu (guru) tolong, ini siswanya diberi pemahaman lagi. Karena ternyata mereka lupa kalau harus selfie saat tiba di rumah. Idenya sudah bagus, jadi guru memastikan betul anak sampai di rumah, saya minta diimbau lagi ya,” pesan Ganjar.

Baca: Rencana Sidak Uji Coba PTM Bocor, Gubernur Ganjar Pindah ke Sekolah di Ungaran

Ganjar menegaskan pada para guru, agar tidak lengah dalam pengawasan terhadap para siswa. Ganjar juga mengingatkan agar guru-gurunya tidak bergerombol baik di luar maupun saat di dalam ruangan.

“Nanti diingatkan lagi ke orang tua, terutama seragam anaknya juga supaya langsung dicuci. Pastikan betul uji coba ini berjalan dengan baik supaya kita menjelang Juli nanti bisa berjalan dengan aman,” pungkasnya.

Di MTs Negeri 1 Kota Semarang jumlah siswa yang mengikuti uji coba PTM sebanyak delapan rombongan belajar. Tiap kelas diikuti hanya 15 siswa, dan pelajaran dimulai pukul 07.45 WIB.

 

Reporter: Ali Muntoha
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...