Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Enam Ribu Guru Agama Sekolah Nonformal di Grobogan Bakal Diberi Bantuan Masing-Masing Rp 1 Juta

Plh Bupati Grobogan Moh Sumarsono menyampaikan pengarahan saat membuka sosialisasi bansos bidang keagamaan. (MURIANEWS/Dani Agus)

MURIANEWS, Grobogan – Pemkab Grobogan pada tahun anggaran 2021 ini sudah mengalokasikan dana sebesar Rp 6 miliar untuk bantuan operasional guru (BOG) di lembaga keagamaan nonformal. Mereka terdiri dari ustaz di madin, ponpes, dan para guru di sekolah Minggu.

Hal itu disampaikan Plh Bupati Grobogan Moh Sumarsono saat membuka sosialisasi bansos bidang keagamaan BOG yang dilangsungkan di Gedung Riptaloka, Senin (5/4/2021).

Menurut Sumarsono, dana BOG sebesar Rp 6 miliar itu akan disalurkan untuk 6.000 orang guru yang tersebar pada 2.421 lembaga keagamaan nonformal. Seperti, ponpes, madin, TPQ, dan sekolah Minggu.

“Masing-masing guru akan menerima BOG sebesar Rp 1 juta. Saat ini, para calon penerima bantuan kita minta mempersiapkan berkas yang diperlukan untuk proses pencairan,” katanya.

Dalam kesempatan itu, Sumarsono meminta kepada para penerima bantuan agar dana BOG tersebut benar-benar disalurkan sesuai peruntukkannya.

Meski nilai bantuannya tidak banyak namun diharapkan bisa jadi stimulan dalam menggerakkan peran serta masyarakat untuk ikut serta berpartisipasi. Sehingga nantinya akan tercipta rasa memiliki terhadap sarana prasarana di lembaga pendidikan keagamaan non formal tersebut.

Masih dikatakan Sumarsono, dari data yang ada, jumlah guru keagamaan di lembaga nonformal itu sekitar 12.000 orang. Dengan demikian, belum semua guru bisa mendapatkan BOG dari Pemkab Grobogan.

“Kita berharap untuk kedepan bisa meningkatkan besarnya nominal BOG maupun jumlah penerima,” katanya.

Ia menambahkan, sebagian guru keagamaan tersebut juga ada yang sudah mendapatkan tambahan insentif dari Pemprov Jateng sebesar Rp 100 ribu per bulan. Insentif ini diserahkan tiap triwulan langsung ke rekening penerima.

 

Reporter: Dani Agus
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...