Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Ganjar Diberi Restu Menkes untuk Prioritaskan Vaksinasi Guru

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. (MURIANEWS/Istimewa)

MURIANEWS, Semarang – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meminta izin kepada Menteri Kesehatan (Menkes) untuk turut memprioritaskan vaksinasi Covid-19 bagi para guru. Usulan Ganjar ini pun mendapat tannggapan positif dari menkes.

Usulan tersebut disampaikan Ganjar saat mengikuti rapat koordinasi terkait pelaksanaan vaksinasi Covid-19 yang dipimpin Menkes Budi Gunadi Sadikin melalui video conference, Senin (5/4/2021).

Ganjar meminta izin guru diprioritaskan, untuk menunjang pelaksanaan pembelajaran tatap muka (PTM) pada Juli 2021 mendatang.

“Kelompok lansia yang menjadi prioritas pertama. Ketika jumlah vaksin tidak atau belum banyak, maka kita minta izin untuk beberapa kita alokasikan pada guru-guru. Jadi (kuota vaksin) ini yang ada untuk disesuaikan dengan masing-masing kondisi. Sambil terus bergerak nanti sampai Juli agar seluruh guru kalau bisa sudah divaksin,” kata Ganjar.

Ia mengatakan, pihaknya menyiapkan strategi pada tahap uji coba PTM yang dilakukan di Jawa Tengah secara serentak mulai hari ini. Jika nantinya guru telah mendapatkan vaksin, maka tidak menutup kemungkinan jumlah kelas di sekolah pelaksana PTM akan ditambah.

“Maka kita strateginya nambahin uji cobanya nanti dengan cara dua hal. Satu menambah jumlah kelasnya di satu sekolah itu, berarti kemungkinan tidak menambah jumlah vaksin untuk guru. Tapi seandainya kita menambah jumlah sekolahnya maka kita mesti mendesain agar jumlah guru yng divaksin bisa bertambah,” tegasnya.

Menkes Budi Gunadi Sadikin menyetujui usulan Ganjar Pranowo. Bahkan, Menkes Budi menilai usulan Ganjar ini bagus karena menjelang pelaksanaan PTM.

“Memang kita harus mendukung PTM. Kalau awalnya kita memprioritaskan hanya lansia maka sekarang ditambah guru. Satuju Pak Gub, lanjutkan,” ujar Menkes Budi.

 

Reporter: Ali Muntoha
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...