Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

25 Warga Binaan Rutan Kudus Terkonfirmasi Positif Covid-19, Kategori OTG

Penyemprotan disinfektan di area Rutan Kelas IIB Kudus. (MURIANEWS/Yuda Auliya Rahman)

MURIANEWS, Kudus – Sebanyak 25 warga binaan di Rumah Tahanan (Rutan) Kelas IIB Kudus terkonfirmasi positif Covid -19. Namun dari puluhan warga binaaan tersebut tidak mempunyai keluhan sakit atau orang tanpa gejala (OTG).

Hal tersebut diketahui setelah dilakukan swab test kepada ratusan warga binaaan dan puluhan pegawai Rutan Kelas IIB Kudus pada Senin (29/4/2021) lalu.

Kepala Rutan IIB Kudus Suprihadi membenarkan adanya 25 warga binaan Rutan Kelas IIB yang terkonfirmasi positif Covid -19 dalam status OTG. Setelah Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Kudus memberikan hasil swab yang dilakukan pekan lalu.

“Hasil swab dari 146 warga binaan dan 46 pegawai rutan sudah kami terima. Hasilnya 25 warga binaan positif, dan 46 pegawai Rutan Kudus negatif,” katanya, Senin (5/4/2021).

Ia juga menyebut, sekitar dua pekan lalu ada salah seorang warga binaanya yang meninggal dalam status positif Covid-19. Warga binaan itu meninggal saat menjalani perawatan di rumah sakit.

“Sebelumnya yang bersangkutan itu sakit, kami rujuk ke Rumah Sakit Mardirahayu, setelah diperiksa dan dilaborat ternyata hasilnya positif. Tapi swab itu sudah kami data sebelum ada yang meninggal positif, tapi baru mendapatkan jadwal pekan lalu,” jelasnya.

Ia sendiri belum mengetahui secara pasti dari mana warga binaan itu bisa terpapar positif. Sebab, kunjungan hingga saat ini masih dilakukan secara virtual, begitu juga protokol kesehatan juga diperketat.

Menanggapi ada puluhan warga binaan yang kini positif, pihaknya mengisolasikan mandiri seluruh warga binaan yang terpapar di sebuah ruang tahanan khusus. Pihaknya juga memberikan vitamin hingga olahan empon-empon setiap harinya.

“Agar imun mereka kuat, setiap harinya juga kami minta untuk berolahraga tapi ditempat berbeda. Kami juga lakukan penyemprotan rutin, minimalnya tiga kali dalam sehari,” ucapnya.

Pihaknya juga sudah mengusulkan kepada DKK untuk melakukan vaksinasi kepada warga binaan yang ada di Rutan Kelas IIB Kudus. Namun memang belum mendapatkan alokasi giliran vaksinasi. “Kalau 46 pegawai kami sudah divaksin dua kali,” pungkasnya.

 

Reporter: Yuda Auliya Rahman
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...