Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Piala Menpora, Tim dari Grup yang Sama Bisa Bentrok Lagi di Semi Final

Pemain PSIS Semarang, Septian David Maulana menjalani latihan persiapan Babak 8 Besar Piala Menpora. (PSIS Official)

MURIANEWS, Kudus – Piala Menpora 2021, paling tidak bisa menjadi pengobat rindu bagi pecinta bola di tanah air di tengah libur panjang kompetisi akibat pandemi. Sejauh turnamen ini berlangsung, sudah ada 7 tim yang memastikan diri maju ke babak 8 besar. Sesuai bagan pertandingan Babak 8 Besar yang sudah disusun, tim dari grup yang sama di fase penyisihan, berpotensi kembali bertemu di Babak Semifinal.

Saat ini (sampai pertandingan yang digelar 3/4/2021), sudah ada tujuh tim yang lolos ke babak delapan besar Piala Menpora. Diantaranya adalah PSIS Semarang, PSM Makassar, Persija Jakarta, dan Barito Putera. Lalu ada Persib Bandung, Bali United dan Persebaya Surabaya.

PSIS Semarang merupakan Juara Grup A dengan tujuh poin, diikuti Barito Putera dengan lima poin. Sementara grup B, pemuncak klasemen dihuni Persija Jakarta dengan enam poin, diikuti PSM Makassar dengan lima poin. Lalu di grup D, pemuncak klasemen diisi Persib Bandung dengan 7 poin, dan runner-up diisi Bali United dengan lima poin.

Satu slot tersisa hingga saat ini masih menunggu hasil pertandingan di Grub C yang baru digelar 7 April 2021 ini. Dari Grup C, Persebaya Surabaya memang sudah memastikan diri lolos ke Babak 8 Besar. Namun demikian statusnya sebagai juara atau runner-up grup masih menunggu laga terakhir melawan PSS Sleman (7/4/2021).

Satu slot tambahan dari grup C, masih akan diperebutkan PSS Sleman, Persik Kediri dan Persela Lamongan. Persaingan ketat memang terjadi di Grup C ini. Hanya satu tim yakni Madura United yang peluangnya sudah terkubur.

Jika melihat bagan Babak 8 Besar, klub dari masing-masing grup yang lolos, berpotensi bentrok kembali pada babak semi final. Potensi duel ulangan antar tim dari grup yang sama ini terbilang cepat, karena kemungkinan itu bisa tersaji di babak semifinal. Padahal, biasanya duel ulangan lumrah terjadi di partai final.

Sesuai bagan 8 Besar, PSIS Semarang akan bertemu PSM Makassar. Sedangkan Persija Jakarta akan bersua Barito Putera. Jika PSIS Semarang dan Barito Putera berhasil menang, maka mereka yang sebelumnya sudah bertarung di penyisihan grup akan kembali bentrok.

Sebaliknya, jika PSIS Semarang dan Barito Putera yang berangkat dari Grup A kalah, maka PSM Makassar dan Persija Jakarta, yang berasal dari Grup B, akan kembali bertarung di babak semi final.

Pelatih PSIS Semarang, Dragan Djukanovic menilai besar kemungkinan bagan ini merupakan sebuah kesalahan dari panitia. Karena skema pertandingan tidak disusun dengan cermat. Namun terlepas dari itu, pihaknya tidak akan mempersoalkannya dan akan lebih fokus untuk menghadapi pertandingan melawan PSM Makassar.

“Of course it’s mistake. Probably big mistake. They didn’t make good scheme.But I am not surprised. Here everything is possible,” ujar Dragan, Senin (5/4/2021).

Penulis: Vega Ma’arijil Ula

Editor: Budi Erje

 

Comments
Loading...