Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Pandemi, Penjual Karcis di Terminal Kudus Kesulitan Bawa Pulang Rp 50 Ribu Per Hari

Terminal Tipe A Jati, Kudus tampak sepi dari penumpang. (MURIANEWS/Vega Ma’arijil Ula)

MURIANEWS, Kudus – Jumlah penumpang yang masuk ke Terminal Induk Jati, Kudus, masih sangat sepi. Hal ini berdamapak pada penghasilan penjual karcis. Dalam sehari, mereka kesulitan membawa pulang penghasilan Rp 50 ribu.

Kondisi ini terjadi sejak pandemi Covid-19. Pengamatan MURIANEWS Senin (5/4/2021), Terminal Induk Kudus terlihat sepi. Pembeli tiket juga hanya beberapa saja. Lokasi parkir bus juga terlihat kosong.

Menurut Bambang Suyono, penjual tiket bus PO Haryanto saat ini penghasilannya menurun drastis. Padahal, sebelum ada pandemi Covid-19 dia mampu mengantongi penghasilan bersih Rp 150 ribu sampai Rp 200 ribu.

“Kondisi pemudik tahun ini masih sepi. Sehari nyari Rp 50 ribu itu susah. Penghasilan saya juga semenjak ada corona turun 50 persen,” katanya, Senin (5/4/2021).

Saat ini kondisi hari Minggu juga dirasanya sama. Terlebih, saat ini juga belum tampak adanya lonjakan pemudik.

“Biasanya pertengahan puasa sampai H-3 menjelang Ramadan baru ada tanda-tanda pemudik. Kalau saat ini belum,” sambungnya.

Saat ini harga tiket dengan tujuan Kudus-Jakarta atau sebaliknya menurutnya masih normal. Yakni Rp 210 ribu. Namun, pembeli tiket belum begitu masif.

“Harga tiket Kudus-Jakarta masih sama. Di Jakarta turunnya di Pulo Gebang bisa. Lebak Bulus juga bisa. Rute sebaliknya juga harga tiket masih sama. Tapi sejauh ini masih sepi,” ujarnya.

Baca: Jelang Ramadan, Terminal Jati Kudus Masih Sepi

Bambang menambahkan, untuk rute Kudus-Jakarta jadwal keberangkatan pada pukul 17.30 WIB saja. Sedangkan rute Jakarta-Kudus jadwal keberangkatan tersedia di pagi hari. Yakni pukul 06.00 WIB, 08.00 WIB, 09.00 WIB, dan 16.00 WIB.

Sementara itu, Koordinator Satuan Pelayanan Terminal Tipe A Jati Kudus Indarto menyampaikan saat ini belum ada persiapan terkait pendirian pos mudik. Menurutnya sejauh ini kondisi di Terminal Tipe A Jati Kudus masih landai dan belum tampak adanya pemudik.

“Untuk persiapan terkait pos mudik, kami masih menunggu petunjuk dari pusat. Karena sampai saat ini masih landai dan belum ada tanda-tanda pemudik di Kudus,” imbuhnya.

 

Reporter: Vega Ma’arijil Ula
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...