Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Lima Sekolah di Pati Uji Coba PTM, Jika Sukses Jumlahnya Bisa Ditambah

Suasana PTM di SMAN 1 Pati. (MURIANEWS/Cholis Anwar)

MURIANEWS, Pati – Setidaknya ada lima sekolah di Kabupaten Pati yang hari ini menyelenggarakan pembelajaran tatap muka (PTM) di tengah pandmei Covid-19. Namun, sifatnya hanya sebatas uji coba selama dua pekan.

Lima sekolah itu adalah SMAN 1 Pati, SMKN 1, MAN 1, SMPN 3 dan MTS N 1 Pati Winong. Sebelumnya, direncanakan ada empat sekolah, namun oleh Kemenang Provinsi mengusulkan agar ada tambahan bagi MTs negeri di masing-masing daerah.

Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah III Provisi Jawa Tengah Sunoto mengatakan, lima sekolah tersebut adalah sebagai pilot project untuk PTM. Sehingga nantinya apabila sudah resmi PTM dilakukan, setidaknya dapat menjadi percontohan bagi sekolah yang lain.

“Untuk uji coba ini memang difokuskan pada kelas 10 untuk jenjang SMA. Jumlah siswanya juga dibatasi hanya 30 persen dari jumlah total siswa kelas 10 di masing-masing sekolah,” ungkapnya saat monitoring di SMAN 1 Pati, Senin (5/4/2021).

Sementara untuk guru sendiri, dalam pelakukan kegiatan belajar mengajar (KBM) harus menerapkan protokol kesehatan ketat. Termasuk harus sudah dilakukan vaksinasi terlebih dahulu dan pengecekan suhu tubuh setiap hendak mengajar.

Sunoto menambahkan, apabila uji coba PTM ini dirasa berhasil, maka tidak menutup kemungkinan adanya penambahan sekolah atau siswa dalam pelaksanaan PTM. Dengan begitu, sekolah juga bisa menjadi barometer untuk sekolah-sekolah yang lain.

Penambahan bisa dilakukan baik untuk jumlah sekolah yang menggelar PTM, maupun jumlah kelas di tiap sekolahnya.

Sementara itu, Bupati Kabupaten Pati Haryanto mengapresiasi pelaksanaan uji coba PTM. Ketika meninjau pelaksanaan uji coba PTM di SMAN 1 dan SMPN 3 Pati, Haryanto menilai pelaksaan protokol kesehatan di dua SMA tersebut sudah baik.

“SOP yang dijalankan SMPN 3 Pati dan SMAN 1 Pati ini sudah berjalan baik dan lancar,” pungkasnya.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...