Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Penumpang Bus AKAP dari Jepara Mulai Meningkat Sepekan Jelang Ramadan

Penjual tiket bus AKAP sedang melayani pembeli tiket di Terminal Jepara. (MURIANEWS/ Faqih Mansur Hidayat)

MURIANEWS, Jepara – Sepekan jelang Ramadan, penumpang bus antarkota antarprovinsi (AKAP) dari Jepara dengan tujuan luar daerah mulai meningkat. Padahal, biasanya peningkatan itu minimal pertengahan bulan puasa.

Murifa, salah satu agen tiket bus AKAP di Jepara mengungkapkan, setidaknya dalam dua pekan terakhir, penumpang bus dari Jepara ke luar kota selalu penuh.

Bus dengan tujuan Kabupaten Bandung misalnya, dua armada yang tiap hari beroperasi selalu penuh penumpang.

“Biasanya mulai ramai kan, minimal pertengahan bulan puasa. Tapi ini belum puasa, Alhamdulillah sudah ramai. Bus penuh semua,” kata Murifah saat ditemui di Terminal Bus Jepara, Senin (5/4/2021).

Menurut Murifah, peningkatan penumpang bus tersebut bisa jadi karena adanya rencana larangan mudik Lebaran nanti. Kendati penumpang sudah ramai, harga tiket masih normal. Seperti bus tujuan Bandung, harganya masih Rp 180 ribu.

Sementara itu, Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPTD) Terminal Bus Jepara Nur Sahid, mengutarakan bahwa lonjakan penumpang bus masih belum begitu terlihat. Terutama penumpang dari luar kota yang menuju Jepara.

Pihaknya melihat, ramainya penumpang bus dengan tujuan luar kota masih normal. Terutama penumpang dengan tujuan Ibu Kota Jakarta.

Terkait dengan larangan mudik Lebaran, Sahid mengatakan masih menunggu rapat koordinasi dengan pihak-pihak terkait.

“Untuk skema mudik nanti kami masih menunggu koordinasi dengan pihak-pihak terkait. Jadi belum tahu nanti seperti apa,” ujar Sahid.

 

Reporter: Faqih Mansur Hidayat
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...